Notification

×

Adsense atas

Adsen

Banjir Bandang Terjang Batu Busuk Kota Padang, 20 Warga Diungsikan

Selasa, 24 Januari 2023 | 08:00 WIB Last Updated 2023-01-24T01:00:00Z

Banjir Bandang Terjang Batu Busuk Kota Padang, 20 Warga Diungsikan.


Padang - Banjir bandang menerjang Batu Busuk, Kecamatan Puah, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Bencana alam itu terjadi akibat intensitas hujan yang mengguyur Kota Padang sejak Senin (23/1/2023) petang hingga malam, sangat tinggi. 


Puluhan rumah warga terendam banjir setinggi satu meter. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun 20 kepala warga terpaksa diungsikan ke bangunan sekolah dasar (SD) karena rumah mereka terendam air dan tidak dapat tinggali.


Puluhan rumah yang terendam banjir itu berada berdiri di tepi aliran Sungai Batu Busuak. Personel tim search and rescue (SAR) gabungan dari Basarnas, BPBD, Damkar Kota Padang, TNI, dan Polri dikerahkan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir, sebagaimana dikutip iNews.id.


Satu persatu warga yang terjebak dievakuasi oleh petugas ke lokasi yang lebih aman. Ketinggian banjir yang mencapai satu meter membuat warga panik dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.


Banjir bandang ini terjadi setelah Kota Padang diguyur hujan deras sejak Senin petang hingga malam. Akibatnya, bendungan di hulu sungai jebol," kata Komandan Regu (Danru) Basarnas Padang Yudi Riva.


Yudi Riva menyatakan, bencana alam ini tidak menimbulkan korban, baik luka maupun jiwa. Namun puluhan rumah dan bangunan warga terendam dan rusak akibat terjangan banjir bandang tersebut.


"Sebanyak 20 warga yang terdiri dari lansia (lanjut usia) dan balita terpaksa diungsikan ke bangunan sekolah dasar yang berada diketinggian," ujar Yudi Riva.(*)



ADSEN KIRI KANAN