Notification

×

Adsense atas

Adsen

Azral Aidi Resmi Sandang Gala Dt.Bandaro Garang Suku Malayu

Sabtu, 21 Januari 2023 | 17:35 WIB Last Updated 2023-01-21T10:35:45Z

.


Pasbar, fajarharapan.id - Tuangku Jailani Alidilsyah. SM.M.AKA Daulat Parit Batu Pucuk Adat Pasaman menobatkan  Azral Aidi, S.Pd., menyandang gelar Sako Dt.Bandaro Garang di kaum suku Malayu di halaman SMA Tunas Bangsa, Sabtu (21/1/2023).


Penobatan gala datuak tersebut berjalan sukses dan lancar di Kampuang Baranggin  Jorong Padang Jaya Nagari persiapan Maligi Nagari Sasak  Kecamatan Sasak Ranah Pasise Kabupaten Pasaman Barat Sumbar.


Prosesi acara gelar adat penobatan Azaral Aidi gelar Sako sandang sebagai  Dt.Banadaro Garang. yang turut  hadir seluruh para Ninik Mamak Maligi dan Babinsa Kapospol Maligi tokoh masyarakat Maligi Kusmadi Dt Rajo Batuah selaku wakil ketua kerapatan adat Nagari Sasak dan jajarannya" serta Kepala Cabang Dinas wilayah 6 Provinsi Sumatera Barat Efri Saputra.S.Ag.M.Pd dan Pengurus MKKS berserta kepala sekolah SMA Pasaman Barat.Nurul Hidayat Nakhodo  Rajo  Pucuak Adat Mandiangin dan para Undangan lainnya'


Pengakatan gala Sako kepada Azral Aidi S.Pd selaku Dt Bandaro Garang  dalam suku Malayu untuk diresmikan secara  adat.dalam bahasa Minang penobatan galah Sako pangulu (Naiak gadang)


alah digadangkan dalam kaum nan. Tabatuak dalam kesempatan kaum. bahwa penyandang gelar Sako Dt Bandaro Garang adalah Azral Aidi S.Pd. dan selaku Panungkek Okta Tarido Marcos. sebagai Urang Tuo Abdul Hakim. Imam Katik Darlis.dan sebagi Bila Sefri R Adi S.Pd selaku induak pusako Desmiarti (Upik) 


menurut tuanku Jailani Alidilsyah Daulat Parit Batu Pucuk Adat Pasaman Itu apabila Dagiang nyo sudah dimakan kuah nan sudah diminum.adat sudah diisi. limbago.dituang dan Basuluaah di nan rami Bagalangang  di Mato urang Nanyak.


bahwa Azral Aidi S.Pd yang telah sah pengakatanya.dalam pepatah Minang sudah siang bak hari. alah ditarangakan nan bak bulan.(sudah jelas) tentu waris bakaturunan

dan juga Taruang masak sarumpun jabatannya diwarisi turun temurun.

Sebut tuangku Jailani Pucuak adat Pasaman ujarnya"


dan juga berharap kepada.Azral Aidi yang sudah Kita beri gelar Sako selaku Ninik mamak Dt Bandaro Garang di kampung baragin  jorong Padang jaya Maligi  agar bisa memipin kepada sanak famili dan  Cucu kemanakan yang lebih baik untuk kedepannya" Terangnya"


dan sementara itu sebut Kusnadi Dt Rajo Batuah  selaku wakil ketua kerapatan Adat Nagari Sasak (KAN) Juga menerangkan bahwa Azral Aidi sudah menyandang gelar Dt Bandaro Garang selaku Ninik mamak duduak nyo Samo randah Tagak nyo alah Samo tinggi sesama Ninik mamak di nagari Sasak dan juga menjadi anggota didalam  kerapatan adat di nagari sasak (KAN). (By Roni)


ADSEN KIRI KANAN