Notification

×

Adsense atas

Adsen

9 Cara Menurunkan Asam Lambung, Salah Satunya Hindari Makanan Tertentu!

Senin, 16 Januari 2023 | 14:20 WIB Last Updated 2023-01-16T07:20:00Z

 

Asam lambung naik 




KETIKA asam lambung naik, tentu saja bikin kita merasa mual dan tak enak badan. Hal ini tentu mengganggu aktivitas sehari-hari.


Mengutip laman resmi Harvard Medical School, asam lambung naik karena katup yang disebut sfingter esofagus bagian bawah yakni otot yang mengontrol saluran antara kerongkongan dan lambung, tidak menutup sepenuhnya.


Maka dari itu asam lambung dan makanan mengalir kembali ke kerongkongan, dan membuat asam lambung atau nama medisnya gastroesophageal reflux jadi naik kembali.


Alih-alih langsung menenggak obat, ada banyak cara untuk menurunkan asam lambung secara alami loh.


Melansir Harvard Medical School, simak paparan singkat sembilan cara menurunkan asam lambung tanpa obat,


1. Makan porsi kecil dan pelan-pelan


Saat perut sangat penuh, bisa terjadi lebih banyak refluks ke kerongkongan. Maka dari itu, usahakan makan dalam porsi kecil tapi lebih sering daripada tiga kali makan besar setiap hari.


2. Hindari makanan tertentu


Jauhi beberapa makanan yang berpeluang memicu asam lambung naik, mulai dari mint, makanan berlemak, makanan pedas, tomat, bawang merah, bawang putih, kopi, teh, coklat, dan alkohol.


3. Jauhi minuman berkarbonasi


Mengapa? Karena minuman jenis ini membuat kita jadi bersendawa, yang mengirimkan asam ke kerongkongan. Minumlah air mineral alih-alih soda.


4. Jangan langsung tidur usai makan


Saat kita berdiri, atau bahkan duduk, gravitasi saja sudah bisa membantu menjaga asam tetap berada di perut. Disarankan untuk sudah selesai makan di tiga jam sebelum tidur. Ini berarti tidak boleh tidur siang setelah makan siang, dan tidak boleh makan malam atau ngemil tengah malam ya!


5. Jangan bergerak terlalu cepat


Hindari olahraga berat selama beberapa jam setelah makan. Jalan-jalan setelah makan malam masih boleh dilakukan, tetapi hindari olahraga yang lebih berat, terutama jika melibatkan gerakan membungkuk, yang bisamengirimkan asam kembali ke kerongkongan.


6. Tidur miring


Posisi ketika kepala harus 6 hingga 8 inci lebih tinggi dari kaki, bisa dicapai dengan cara menggunakan penyangga tempat tidur "ekstra tinggi" pada kaki yang menopang kepala tempat tidur. Hindari mencoba membuat ganjalan dengan menumpuk bantal, karena ini sia-sia.


7. Turunkan berat badan


Berat badan naik menyebarkan struktur otot yang menopang sfingter esofagus bagian bawah, mengurangi tekanan yang menahan sfingter agar tetap tertutup. Ini menyebabkan asam lambung dan perut mulas.


8. Stop merokok


Merokok dan nikotin nyatanya bisa membuat sfingter esofagus bagian bawah jadi kendur alias longgar.


9. Cek obat


Beberapa jenis obat, termasuk estrogen pascamenopause, antidepresan trisiklik, dan obat penghilang rasa sakit antiinflamasi, disebutkan bisa mengendurkan sfingter. Begitu juga dengan obat bifosfonat seperti alendronate, ibandronate, atau risedronate yang digunakan untuk meningkatkan kepadatan tulang, bisa mengiritasi kerongkongan, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Maka dari itu cari tahu obat-obatan yang dikonsumsi, agar jika memang mengakibatkan asam lambung naik, penggunaan ke depannya bisa dihindari.(*)



ADSEN KIRI KANAN