Notification

×

Adsense atas

Adsen

7 Desa di Demak Terendam Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

Senin, 02 Januari 2023 | 10:13 WIB Last Updated 2023-01-02T03:13:46Z

 

Bupati Demak Eistianah bersama Kapolres AKBP Budi Andhy Buono saat mengunjungi pengungsi di Desa Prampelan, Kecamatan Sayung.




DEMAK - Sebanyak tujuh desa di Kecamatan Sayung dan Karangtengah, Kabupaten Demak terendam banjir sejak Sabtu (31/12/2022). Desa di wilayah Kecamatan Sayung yang terendam banjir yakni Bulusari dan Desa Jetaksari. 


Sedangkan desa di Kecamatan Karangtengah yang terdampak banjir yaitu Desa Wonowoso, Dukun, Grogol, Wonokerto dan Batu. Tercatat, ada ribuan kepala keluarga yang terdampak banjir dan ada yang mengungsi ke tempat pengungsian yang disediakan warga dan pemerintah daerah di Desa Prampelan, Sayung. 


Berdasarkan assessment Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, banjir terbesar terjadi di wilayah Kecamatan Sayung dan Karangtengah,sebagaimana dikutip iNews.id.


Banjir terjadi akibat tingginya curah hujan sehingga air sungai meluap ke permukiman penduduk. Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono menjelaskan, ketinggian air banjir yang menggenangi tujuh desa bervariasi. Rata-rata mencapai setinggi orang dewasa. 


"Pada Minggu (1/1/2023) kita bersama tim SAR dari Polres Demak, Kodim 0716 Demak, BPBD dan relawan membantu mengavakuasi warga yang terdampak banjir ke tempat yang lebih aman," kata Kapolres, Senin (2/1/2023).


Dia mengatakan, banjir dipicu intensitas hujan dalam beberapa hari belakangan tinggi. Imbasnya daerah aliran sungai (DAS) setempat tidak mampu menampung air hujan. "Sudah sekitar satu minggu hujan intensitas sedang hingga tinggi dan cuaca yang sangat ekstrim beberapa hari ini, mengakibatkan DAS di wilayah Demak tidak mampu menampung debit air hujan sehingga meluap. Ditambah dengan Kabupaten Demak merupakan daerah hilir yang menjadi lintasan air dari kabupaten lain sehingga mudah terjadi banjir," katanya.


Dia mengatakan, pihaknya akan terus membantu warga yang terdampak banjir dan akan kembali menyalurkan bantuan berupa sembako, pakaian layak pakai serta kebutuhan lainnya untuk korban banjir di Demak. "Hari ini kami akan terjun kelapangan lagi untuk monitoring kondisi banjir dan membantu warga yang terdampak," ujarnya.(*)



ADSEN KIRI KANAN