Notification

×

Adsense atas

Adsen

5 Negara Bagian di Rusia yang Mayoritas Penduduknya Beragama Islam

Selasa, 10 Januari 2023 | 15:30 WIB Last Updated 2023-01-10T08:30:00Z

Ilustrasi 



Jakarta - 5 negara bagian di Rusia yang mayoritas penduduknya beragama Islam memang menarik untuk dibahas. Penduduk yang dipimpin Vladamir Putin ini juga banyak menganut agama muslim sehingga menjadikan kelompok terbesar kedua di negara tersebut.


Ada pula beberapa negara bagian Rusia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Bahkan, hampir 90 persen penduduknya seorang Muslim, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Adapun berikut ini 5 negara bagian di Rusia yang mayoritas penduduknya beragama Islam dirangkum dari berbagai sumber:


1. Ingushetia

Ingushetia atau Republik Ingushetia adalah negara bagian dari Subjek Federal Rusia. Negara dengan ibu kota Magas ini mayoritas penduduknya menganut agama Islam.


Melansir dari Science Direct jumlah penduduk yang menganut agama Islam mencapai lebih dari 98 persen dengan aliran Shafi’i Madhhab Sunni dan aliran Sunni. Meski sebagian besar penduduknya beragama Islam, di negara bagian ini terdapat pula yang memeluk agama lain seperti Kristen, Atheis dan sisanya tidak terdata.


2. Chechnya

Negara yang termasuk Subjek Federal Rusia ini juga penduduknya mayoritas memeluk agama Islam. Diperkirakan jumlah Muslim negara ini mencapai 95 persen, sedangkan sisanya penganut Kristen Ortodoks.

Chechnya adalah negara yang ada terletak di barat daya Rusia atau wilayah utara pegunungan Kaukasus. Negara beribu kota Grozny ini sempat jadi sorotan setelah mengirim 12.000 pasukannya untuk membantu Rusia dalam perang melawan Ukraina.


3. Dagestan

Dagestan adalah republik paling besar di Rusia yang lebih dari 84 persen penduduknya penganut agama Islam. Wilayah negara yang terletak di utara Kaukasus ini disebut sebagai wilayah paling berbahaya di Eropa sebab rentan terjadi konflik.


4. Kabardino-Balkaria

Negara Republik yang juga terletak di Kaukasus Utara ini mayoritas penduduknya menganut agama Islam. Dari 1,2 juta jiwa penduduk yang ada, mencapai 70 persennya adalah seorang Muslim.


5. Karachay-Cherkessia

Terletak di Kaukasus Utara, negara Karachay-Cherkessia diketahui terdiri atas Karachay, Cherkessk, Abazin, dan etnis Rusia. Di negara yang beribu kota Cherkessk ini penduduk dari etnis Karachay menjadi yang terbanyak memeluk Islam, dengan jumlah 38,50 persen, kemudian Circassia 11,28 persen, Abazin 7,36 persen, dan Nogai 3,38 persen.


Itulah 5 negara bagian di Rusia yang mayoritas penduduknya beragama Islam.(*)


ADSEN KIRI KANAN