Notification

×

Adsense atas

Adsen

5 Contoh Gerak Nonlokomotor Lengkap dengan Penjelasannya

Sabtu, 07 Januari 2023 | 13:05 WIB Last Updated 2023-01-07T06:05:00Z

 

 

Ilustrasi. Contoh gerak nonlokomotor 



JAKARTA - Contoh gerak nonlokomotor ada beberapa macam. Namun, apakah kalian tahu apa itu gerak nonlokomotor? Jika kalian belum memahaminya, simak di sini informasinya.


Gerak Nonlokomotor Bagaimana?


Gerak nonlokomotor adalah gerak tanpa berpindah tempat, yaitu tetap melakukan gerakan posisi dan berpijak pada pijakan tempat bergerak menuju ke depan dan ke belakang atau bahkan sebaliknya, sebagaimana dikutip iNews.id.


Pada umumnya, anak-anak mungkin kurang menyukai gerakan nonlokomotor daripada gerak lokomotor. Hal ini terjadi karena keduanya memiliki sifat pergerakan yang berbeda dan memiliki cirinya masing-masing.


Apa Perbedaan Gerak Lokomotor dan Gerak Nonlokomotor?


Gerak dasar lokomotor adalah gerak perpindahan tempat dari A ke posisi B atau dari satu tempat ketempat lain. Sedangkan gerak nonlokomotor adalah gerak tanpa berpindah tempat atau tetap melakukan gerakannya pada posisi awal pijakan tanpa bergerak menuju ke depan atau ke belakang.


Apa Saja Contoh Gerak Nonlokomotor?


Gerakan nonlokomotor biasanya dilakukan pada saat kita melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga. Dari penjelasan di atas, dapatkah kalian mengetahui apa saja contoh gerak nonlokomotor? Berikut ini beberapa contoh dari gerakan nonlokomotor. 


>Gerakan gelengan kepala


>Gerakan menundukkan badan


>Gerakan mengayun tangan


>Gerakan menekuk tangan


>Gerakan memuntir tubuh


Nah, itu dia 5 contoh gerak nonlokomotor dan penjelasannya. Semoga membantu(*)


ADSEN KIRI KANAN