Notification

×

Adsense atas

Adsen

Waspada! Sumbar Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir

Jumat, 30 Desember 2022 | 13:50 WIB Last Updated 2022-12-30T06:50:00Z

Ilustrasi hujan lebat disertai angin



PADANG  - Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) diprediksi akan diguyur hujan lebat disertai petir pada hari ini, Jumat (30/12/2022). 


Warga setempat diminta untuk lebih waspada., "Terdapat potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir di wilayah Provinsi Sumatera Barat," tulis BMKG di keterangan tertulisnya, Jumat (30/12/2022).


Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih waspada. "Kami mengimbau masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang dapat berpeluang menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi menjelang akhir tahun," kata Dwikorita, Jumat (30/12/2022),sebagaimana dikutip iNews.id.


Dia menambahkan, hujan lebat dapat menyebabkan peningkatan drastis debit air sungai, yang bisa mengakibatkan banjir dan banjir bandang. Hujan lebat, lanjutnya, juga bisa menyebabkan tanah longsor, guguran bebatuan, atau erosi tanah di daerah dataran tinggi serta lereng perbukitan dan gunung.


"Mohon kepada masyarakat untuk berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah. Jika tidak ada keperluan mendesak, sebaiknya di rumah saja menunggu cuaca kembali normal," katanya. Dikutip dari situs BMKG, selain Sumbar, yang juga diguyur hujan lebat yakni wilayah Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Selatan dan Lampung.


Selain itu, kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali. Kemudian Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Maluku.


Sementara wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang, yakni Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, dan Papua.(*)




ADSEN KIRI KANAN