Notification

×

Adsense atas

Adsen

Stasiun Pasar Senen Sediakan Porter Gratis untuk Penumpang Berkebutuhan Khusus hingga Lansia

Senin, 26 Desember 2022 | 10:05 WIB Last Updated 2022-12-26T03:05:00Z

 

Stasiun Pasar Senen di Jakarta menyediakan porter gratis untuk penumpang berkebutuhan khusus, ibu hamil hingga lansia.




JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menyediakan porter gratis di Stasiun Pasar Senen saat libur Natal dan tahun baru (Nataru) kali ini. Mereka akan membantu penumpang berkebutuhan khusus, ibu hamil hingga lansia.


Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan porter gratis itu memiliki ciri-ciri khusus agar memudahkan masyarakat untuk menemukannya. Mereka akan melayani pelanggan yang akan melalui penyeberangan bawah (underpass) menuju kereta yang berada di jalur 3 dan 4, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Layanan porter gratis tersebut memiliki ciri khusus yakni menggunakan seragam khusus berupa rompi berwarna oranye," kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, Minggu (25/12/2022).


Petugas pada layanan tersebut secara proaktif akan membantu penumpang yang terlihat membutuhkan bantuan, khususnya pada lansia, disabilitas, ibu hamil, dan anak-anak yang akan melintasi underpass menuju peron 3 dan 4. Baik saat berangkat atau sebaliknya.


Layanan porter gratis, kata dia, dihadirkan karena pada musim liburan mayoritas penumbang berangkat bersama keluarga dan membawa anak serta barang bawaan yang cukup banyak.


"Sementara untuk layanan porter dengan tips jasa sesuai kebijakan pengguna juga masih ada untuk membantu pelanggan kereta api di area stasiun," ujarnya.


Dia mengatakan pada periode Natal dan tahun baru 2023, Stasiun Pasar Senen merupakan stasiun yang mengalami peningkatan penumpang cukup tinggi. Pada Jumat lalu (23/12/2022) total ada sekitar 23.000 penumpang berangkat dari stasiun tersebut. Sementara untuk hari ini, Minggu (25/12/2022), ada sekitar 18.800 penumpang berangkat.


Meski mengalami penurunan dibandingkan tanggal 23 dan 24 Desember tahun lalu, namun jumlah tersebut masih mengalami peningkatan dibandingkan dengan akhir pekan normal dengan rata-rata penumpang berangkat sekitar 11.000 orang.


KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan. Karena tiket KA masa libur Natal dan tahun baru 2023 dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.


"Pelanggan KA yang akan bepergian juga diimbau agar datang lebih awal ke stasiun minimal 1 jam sebelum keberangkatan," katanya.(*)


ADSEN KIRI KANAN