Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pesawat Tempur Korsel Jatuh saat Cegat Drone Korut yang Lintasi Perbatasan

Senin, 26 Desember 2022 | 16:05 WIB Last Updated 2022-12-26T09:27:40Z

 

Pesawat tempur KA-1 Korsel jatuh saat dikirim menembak jatuh drone Korut 



SEOUL - Pesawat tempur KA-1 Korea Selatan (Korsel) jatuh di Hoengseong, sekitar 140 km sebelah timur Seoul, Senin (26/12/2022) pukul 11.43 waktu setempat. Dua pilot selamat setelah keluar menggunakan kursi lontar.


Angkatan Udara (AU) Korsel, seperti dikutip dari Yonhap, menyatakan pesawat ringan itu jatuh sesaat setelah lepas landas dari pangkalan di Kota Wonju. Tidak ada korban maupun kerusakan di darat. Pesawat jatuh di area terbuka, sebagaimana dikutip iNews.id.


Seorang pejabat militer Korsel mengatakan, dua pilot dievakuasi ke rumah sakit terdekat.


Sementara itu beberapa pejabat mengatakan, pesawat dikerahkan untuk mencegat drone Korea Utara (Korut) yang diduga melintasi perbatasan kedua negara tanpa izin.  Selain KA-1, ada pula jet tempur dan helikopter serang yang dikerahkan untuk mencegat drone tersebut.


Militer Korsel mendeteksi beberapa drone di daerah perbatasan Provinsi Gyeonggi sejak pukul 10.25. Drone melintasi Garis Demarkasi Militer yang memisahkan dua Korea.


Kendaraan tak berawak itu sempat terbang di daerah Gimpo, Pulau Ganghwa, dan Paju. Insiden itu yang memicu penghentian penerbangan sipil di dua bandara yakni Incheon dan Gimpo.


Belum diketahui pasti apakah drone tersebut membawa senjata atau tidak.(*)


ADSEN KIRI KANAN