Notification

×

Adsense atas

Adsen

Peringatan Hari Ibu 2022, Momen Berdayakan dan Muliakan Derajat Perempuan

Kamis, 15 Desember 2022 | 17:43 WIB Last Updated 2022-12-15T10:43:18Z


.

Agam - Dalam rangka memeriahkan Hari Ibu ke-94 tahun 2022, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Tim Penggerak PKK Provinsi Sumbar serta Gabungan Organisasi Wanita (GOW) menggelar Peringatan Hari Ibu di lapangan bupati Kab. Agam Lubuk Basung,  yang dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Kamis (15/12/2022). 


Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Agam, Ketua BKOW Sumbar, Ketua TP PKK Agam, Ketua BKOW Agam, Kepala OPD, Para Camat, beserta stakeholder terkait lainnya.


Menurut Audy, Jika berbicara tentang Ibu di Sumatera Barat hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat unik, pasalnya ketika berbicara asal-usul masyarakat di Sumbar, mengandung paham matrilineal yang mana masyarakatnya mengatur alur keturunan berasal dari pihak ibu. 


"Tidak banyak suku bangsa di dunia yang menganut adat matrilineal seperti urang awak, urang Minang di Sumbar," ungkap Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy


Audy juga mengungkapkan organisasi keibuan seperti Bundo Kanduang merupakan satu-satunya organisasi perempuan yang ada di Indonesia dan berada di Sumbar. 


"Sepertinya organisasi Bundo Kanduang mungkin saja cuma satu-satunya di Indonesia yaitu ada di Ranah Minang, karena saya jarang mendengar organisasi ibu-ibu (kecuali PKK) seperti Bundo Kanduang ada di Provinsi lain," ujar Wagub Audy


"Ini suatu hal yang unik, karena Sumbar khususnya urang awak sangat menghormati kaum wanita," lanjut Wagub Audy. 


Di kesempatan tersebut, Wagub Audy mengatakan hampir 20 persen kepala OPD di Provinsi Sumbar di dominasi oleh perempuan. Ia  berharap presentase pemimpin daerah di Sumbar dapat meningkat. Disamping itu ia mengharapkan juga perempuan dapat banyak berperan dalam sektor entrepreneur. 


Senada dengan hal tersebut Ketua TP PKK, Provinsi Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi, mengatakan peran seorang ibu dalam keluarga sangatlah penting karena seorang Ibu merupakan sekolah pertama bagi anak-anak, dari seorang Ibu yang baik sopan, santun, bertutur kata baik, dan berpendidikan, maka hadirlah seorang anak yang berkualitas. 


"Maka disini perlunya peran organisasi wanita, dalam mensosialisasikan tugas utama seorang ibu. Jangan sampai kita sebagai seorang istri lupa dan Ibu tidak terlaksana dengan baik karena berbagai macam kegiatan di luar," ungkap Ketua TP PKK Prov Sumbar yang akrab dipanggil Umi tersebut. 


Di dalam kesempatan tersebut Ny. Harneli Mahyeldi mengungkapkan bahwasanya banyak kasus kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan. 


"Padahal perempuan itu harusnya dimuliakan, karena orang-orang yang sukses itu dibaliknya ada perempuan yang hebat, seperti yang dikatakan Rasulullah dalam Hadis apabila baik wanitanya, baik pula negaranya, dan apabila wanitanya jahat, maka jahatlah seluruhnya," imbuh Ny. Harneli Mahyeldi. 


Sementara itu, Bupati Agam juga menyampaikan terima kasih yang sebanyak banyaknya kepada seluruh pihak yang mendukung Peringatan Hari Ibu yang ke-94 tahun 2022. Selamat hari ibu, perempuan-perempuan Indonesia. “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”.


Diacara tersebut juga diserahkan penghargaan apresiasi yang diberikan kepada pemenang lomba Perempuan Inspiratif Tahun 2022 dalam rangka Peringatan Hari Ibu Provinsi Sumatera Barat. 


Peringkat Terbaik I Ratna Dewi dari Kec. Kamang Magek, terbaik II Melinda Wati dari Kec. IV Koto, dan terbaik III Yulisaswita dari Kec. Lubuk Basung.


Acara diakhiri dengan kegiatan menyulam oleh Ketua TP PKK Prov Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi, Ketua BKOW Prov Sumbar, Ny. Fitria Amalia Audy, Ketua  DWP Prov Sumbar, Lina Hansastri, beserta para Ketua TP PKK dari 19 Kabupaten/Kota. 

( Diskominfotik Sumbar )


ADSEN KIRI KANAN