Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pengguna Jasa Transportasi Damri di Sumbar Mencapai 70 Persen

Sabtu, 31 Desember 2022 | 00:52 WIB Last Updated 2022-12-31T04:34:44Z


.

Padang, fajarharapan.id - Masyarakat yang menggunakan Bus Perintis Damri di Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat cukup tinggi, yakni mencapai 70 persen.

Namun masyarakat mengharapkan kepada Perum Damri, agar unit kendaraan Bus Perintis itu, perlu ditambah jumlah nya.

Manejer Perum Damri Cabang  Padang Drs.Surianto Boko,  didampingi Manager Usaha dan Teknik I. Wayan Tin Subala, kepada fajarharapan.id diruang kerjanya, Jumat (30/12/2022).

Lebih lanjut Surianto mengatakan,0 permintaan tambahan kendaraan Bus Peristis ini, seperti dari Pemerintah Pesisir Selatan, karena masih kurang unitnya, namun selama ini, hanya dilayani dengan 1 unit armada, kemudian dari Kabupaten Darmasraya dan Kabupaten Solok Selatan.

Menurutnya, Kabupaten Solok Selatan merupakan salah satu daerah destinasi wisata yang cukup tinggi dikunjungi oleh wisatawan, begitu juga dengan Kabupaten Kepulauan Mentawai, sehingga perlu didukung oleh Pemerintah Pusat berupa penambahan bus perintis.

"Ini sesuai dengan program Pemerintah Pusat yang diupayakan Bapak Jokowi, terutama di daerah yang masih terisolasi, agar dapat memberikan pelayanan transportasi masal kepada masyarakat dan anak sekolah yang aman dan murah," imbuh Surianto.

Kendati anggaran Perintah Pusat yang dialokasikan kepada setiap Propinsi di Indonesia sangat terbatas, namun kita tetap berupaya meminta tambahan 6 unit bus perintis, guna memberikan pelayanan transportasi yang nyaman dan murah di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Bus perintis Perum Damri yang beroperasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai saat ini, sebut Surianto, hanya 2 unit yang melayani penumpang dari pelabuhan Tua Bejat menuju Bandara Rokot, dengan tarif khusus, terutama untuk anak sekolah hanya 3ribu.

"Tahun 2023, direncanakan ada penambahan jalur baru, yakni dari Tua Bejat diperpanjang sampai ke Siuban, sehingga dibutuhkan penambahan 4 unit bus perintis, termasuk untuk pulau- pulau besar lainya 2 unit bus " tuturnya.

Berbicara penambahan unit kendaraan layanan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), tutur Surianto perlu ditambah unitnya oleh Pemerintah Pusat,
karena jasa angkutan tipe Toyota Hiace yang refresentatif, dengan kapasitas penumpang 14 kursi itu, peminatnya cukup tinggi di Sumbar, kemudian disusul Sumut, Babel, Jabar dan Jatim.

Menghadapi Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Perum Damri Cabang Padang, siap melayani penumpang dengan mengoperasikan 4 unit layanan KSPN, dengan trayek mulai dari BIM menuju daerah wisata di Sumatera Barat, seperti Muaro Lasak Padang (Pantai Padang), Istano Pagaruyung (Batusangkar), Pantai Carocok (Painan) dan Bukittinggi dan kembali lagi ke BIM.

Upaya yang dilakukan Perum Damri Cabang Padang ini, katanya, dalam rangka mempromosikan kawasan objek wisata dan meningkatkan jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara Negara di Sumatera Barat.

"Perum Damri Cabang Padang, mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang telah mengusulkan bus damri ini kepada Pemerintah Pusat, sehingga angkutan transportasi Damri tersebut bisa beroperasi dan melayani masyarakat," tutupnya. ( R.Dz )


ADSEN KIRI KANAN