Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pemkab Terus Dorong Pelestarian Budaya Solok Selatan

Minggu, 11 Desember 2022 | 09:17 WIB Last Updated 2022-12-11T02:17:55Z

.


Solsel,fajarharapan.id - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan terus mendorong pelestarian budaya yang ada di Solok Selatan,khususnya penerapan budaya matrilineal yang menjadi ciri khas Minangkabau. 


Hal itu disampaikan Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam sambutannya pada pembukaan acara Festival Sumarak Nagari Perempuan di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Sabtu malam (10/12/2022).


“Dan malam ini kita merayakan matrilineal itu dalam bentuk pergelaran kesenian. Tentu ini adalah perayaan kebudayaan kita semua,” kata Khairunas malam itu.


Dilanjutkan Bupati, kesenian ini selain menjadi acuan dan pembelajaran, juga bisa dijadikan untuk menerima substansi kekerabatan menurut garis mandeh (Ibu) atau perempuan. 


“Dan di ujung pagelaran ini semestinya muncul pertanyaan; apakah kita masih mempraktikkan matrilineal itu sebagaimana seharusnya? Ataukah budaya matrilineal itu mulai memudar dalam penerapannya?” papar Bupati. 


Untuk itu Bupati mengimbau agar kegiatan ini selain menjadi hiburan juga sebagai renungan mengenai konkretnya hubungan antara perempuan dan rumah gadang. 


Di samping itu, dalam hal pelestarian budaya disampaikan bahwa pemerintah terus mendorong serta mendukung, dan tekah menjadi salah satu misi daerah. 


Khairunas mengimbau masyarakat untuk melestarikan budaya yang ada serta merawat menjaga  objek budaya yang ada di Solok Selatan. Upaya ini tidak akan bisa terlaksana jika tidak dilakukan secara bersama sama


“ Bagaimana nilai-nilai budaya luhur Minangkabau tersebut tetap lestari ‘indak lakang dek paneh, indak lapuak dek ujan’ artinya tetap lestari di Kabupaten Solok Selatan,” tegas Bupati.


Di kesempatan yang sama, perwakilan dari UPT Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPND) Sumatera Barat Metra Neldi mengatakan dengan dilaksanakan kegiatan ini, diharapkan kebudayaan yang ada di Solok Selatan terus terjaga dan sukses di masa depan. 


“BPND Sumatera Barat terus mendukung kegiatan seperti ini khususnya di Solok Selatan karena Solok Selatan terkenal dengan daerah budaya,” kata Metra. 


Adapun kegiatan ini merupakan kerja sama dengan ISI Padang Panjang dan merupakan rangkaian dari perayaan peringatan HUT Kabupaten Solok Selatan yang jatuh pada 7 Januari setiap tahunnya.


Direktur Festival Sumarak Nagari Perempuan Susas Rita Loraviati mengatakan penampilan yang diberikan merupakan penggabungan antara dua unsur, perempuan dan papan. 


“Dari dua unsur tersebut tercipta karya kreatif sebagai rekonstruksi budaya perempuan di Saribu Rumah Gadang ini,” kata wanita yang akrab disapa Lora ini. 


Dia mengharapkan ke depan kegiatan serupa dapat dilaksanakan di kecamatan lainnya di Solok Selatan. (sudirman/rilis)


ADSEN KIRI KANAN