Notification

×

Adsense atas

Adsen

Panaskan Isu Marc Marquez Tinggalkan Honda, Jorge Lorenzo: Akan Tiba saatnya Pilih Uang atau Gelar Juara!

Kamis, 29 Desember 2022 | 16:20 WIB Last Updated 2022-12-29T09:20:00Z

 

Jorge Lorenzo dan Marc Marquez kala balapan bersama di MotoGP.


PALMA – Masa depan Marc Marquez di tim Repsol Honda tengah dispekulasikan karena dirinya dinilai berpeluang hengkang. Di tengah ramainya isu itu, eks bintang MotoGP, Jorge Lorenzo, pun bak memanaskannya dengan mengatakan akan tiba saatnya Marc Marquez akan memilih uang banyak atau memenangkan gelar juara MotoGP.


Sebagaimana diketahui, The Baby Alien -julukan Marquez- dan Repsol Honda telah merajai MotoGP dalam satu dekade terakhir. Mereka sukses menyabet enam gelar juara dalam periode 2013-2019, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Akan tetapi, dalam tiga musim terakhir, segalanya telah berubah setelah Marquez mengalami cedera parah usai kecelakaan fatal di Jerez pada 2020. Absennya Marquez dalam waktu yang lama pun membuat Honda keteteran untuk mengembangkan motor mereka.


Buktinya, pada MotoGP 2022, tim berlogo sayap itu menjadi satu-satunya pabrikan yang tak meraih kemenangan di sepanjang musim. Dengan empat pembalap yang ada, mereka berada di posisi buncit klasemen konstruktor dengan torehan 155 poin saja.


Di sisi lain, para tim pabrikan lainnya, seperti Ducati, Aprilia, dan KTM telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat pada musim lalu. Bahkan, Ducati sukses meraih gelar juara untuk pertama kalinya di MotoGP dalam 15 tahun lewat Francesco Bagnaia.


Oleh karena itu, Lorenzo menilai akan tiba saatnya Marquez bakal memilih antara uang yang banyak atau menambah gelar juaranya lagi jika masih terus bersama Honda. Juara tiga kali MotoGP itu menilai Marquez masih bisa juara, tetapi secara tersirat mengatakan bakal sulit melakukannya jika tak pindah ke pabrikan lain, seperti Ducati, yang telah berkembang pesat.


“Ketika Marc mendominasi, dia 100 persen bugar, sekarang tidak lagi, dia bukan yang termuda, dan itulah yang telah berubah,” ujar Lorenzo, dilansir dari Motosan, Kamis (29/12/2022).


“Tapi tetap saja, saya pikir dia bisa memenangkan gelar juara dunia lagi. Terlebih lagi, jika ada kejuaraan merek tunggal, Marc pasti menang," sambungnya.


“Mereka menawarinya kontrak empat tahun dengan biaya dua atau tiga kali lipat dari sebelumnya, tetapi sekarang para rival dan Ducati telah berkembang pesat. Jika dia masih terus bersama Honda, saatnya akan tiba ketika dia harus memilih antara juara atau menghasilkan uang,” jelasnya.


Ya, The Baby Alien saat ini memang merupakan pembalap dengan bayaran termahal di MotoGP. Dengan kontrak yang akan berakhir pada 2024, dia dibayar sebesar 15 juta euro per musim oleh Honda atau setara dengan Rp226 miliar.


Jika musim depan Honda tak menunjukkan perkembangan yang bagus, bukan tidak mungkin Marquez bakal hengkang untuk memenuhi ambisinya meriah titel ketujuhnya di MotoGP. Namun, jika dia memilih untuk tetap menghasilkan banyak uang, mungkin dia tak akan pergi dari Honda.(*)



ADSEN KIRI KANAN