Notification

×

Adsense atas

Adsen

Literasi Untuk Kesejahteraan : Wako Genius Kukuhkan Bunda Literasi Kota Pariaman

Rabu, 28 Desember 2022 | 20:33 WIB Last Updated 2022-12-28T13:33:36Z

Walikota Genius Umar kukuhkan Bunda Literasi Kota Pariaman di Aula Balaikota, Rabu 27 Desember 2022 (foto dok.mcp)


Kota Pariaman
– Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny.Lucyanel Genius resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kota Pariaman periode 2022-2024, dalam acara Pengukuhan Bunda Literasi Kota Pariaman Dan Talk Show dengan Tema "Literasi Untuk Kesejahteraan"


Pelantikan dan pengukuhkan dilakukan Wali Kota Genius Umar, dan disaksikan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) Muhammad Syarif Bandaro di Aula Balaikota, Rabu (28/12/22).


Kata Genius Umar, Literasi akan membuka wawasan kita, membuka cakrawala kita, dan akan mencerdaskan kita. Sehingga literasi itu nantinya, akan mensejahterakan kita dengan semua ilmu pengetahuan yang kita dapat dari literasi itu sendiri.


“Untuk menggiatkan budaya membaca di Kota Pariaman nantinya akan saya keluarkan Perwako. Yang isinya adalah, mewajibkan semua pelajar yang ada di Kota Pariaman ini, mulai dari pendidikan tingkat TK,SD,SMP,SMA/SMK. Bahkan Perguruan Tinggi, untuk ikut menjadi anggota perpustakaan di Kota Pariaman, agar budaya membaca menjadi salah satu kegiatan utama pelajar supaya tercipta generasi yang cerdas, kreatif dan inovatif” jelas Genius.


Ia menyatakan, dengan dikukuhkannya Bunda Literasi Kota Pariaman, sekaligus Bunda Literasi Kecamatan, dan Bunda Literasi Desa/Kelurahan, tugas mengkampanyekan gerakan nasional gemar membaca di Kota Pariaman ini,bisa semakin aktif disuarakan guna mendorong minat baca.


"Sehingga terwujud figure literasi yang mempunyai peran penting untuk menghidupkan budaya literasi, baik dilingkungan keluarga, pendidikan, dan masyarakat” tegas Genius.


Sementara itu, M.Syarif Bando yang tampil sebagai keynote speech dalam acara tersebut mengatakan, kebiasaan membaca dan menulis teramat penting dibudayakan, jika negeri ini ingin maju.


Ia mengapresiasi kinerja pemerintah Kota Pariaman yang telah mau mengimplementasikan kegiatan ini sebagai langkah utama untuk mencerdaskan anak bangsa. Yakni dengan cara, telah berani melakukan peletakan batu pertama pendirian pusat literasi di Kota Pariaman.


“Kegiatan ini merupakan langkah cepat yang diambil Wali Kota Pariaman, sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo kepada bawahannya untuk melakukan langkah cepat dalam melayani masyarakat” pungkas M. Syarif Bando.


Ia mengemukakan, dalam rangka membuka akses literasi masyarakat dan seiring perkembangan teknologi digital, pihak Perpustakaan Nasional telah membuat konten-konten digital (e-book) sejumlah 84.888 judul dengan 963.259 copy yang dapat diakses oleh masyarakat luas melalui aplikasi iPusnas yang dapat didownload pada hp Android. (mc/sa)







ADSEN KIRI KANAN