Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kepala Perpusnas M.Syarif Bando Resmikan POCADI Kota Pariaman

Rabu, 28 Desember 2022 | 20:58 WIB Last Updated 2022-12-28T13:58:50Z

Kepala Perpusnas Republik Indonesia Muhammad Syarif Bando bersama Bunda Literasi Kota Pariaman Ny.Lucyanel Genius lakukan pengguntingan pertanda diresmikan POCADI Kota Pariaman di Balaikota, Rabu 28 Desember 2022 (foto dok.mcp)


Kota Pariaman
- Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando, resmikan Pojok Baca Digital (POCADI) Kota Pariaman bertempat di lantai II Balaikota Pariaman, yang merupakan hibah/bantuan dari Perpustakaan Nasional.


POCADI Kota Pariaman ini terasa istimewa, karena diresmikan langsung oleh orang nomor satu di Perpusnas. Juga, bertepatan dengan kunjungannya untuk Ground Breaking pembangunan Perpustakaan Daerah Kota Pariaman. 


Kemudian, M.Syarif Bando bersama dengan Bunda Literasi Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius dan disaksikan Wali Kota Genius Umar, Ketua DPRD Fitri Nora, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip M. Syukri, menggunting pita tanda dibukanya POCADI Kota Pariaman, Rabu (28/12/22).


“POCADI merupakan tempat membaca yang menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (e-book). Koleksi e-book yang ada di POCADI berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan juga konten iPusnas, yang dapat diunduh mengunakan aplikasi play store,” ujar M. Syarif Bando.


POCADI, sebut M.Syarif Bando, adalah program terbaru dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dan diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat khususnya bagi anak sekolah, dan mahasiswa serta meningkatkan minat baca masyarakat dalam membangun literasi di tengah masyarakat.


“Perpustakaan mempunyai peran strategis dalam membangun literasi masyarakat sebagai lembaga penyedia informasi. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007, tentang Perpustakaan yang mempunyai tugas mengumpulkan,mengorganisasikan, mengolah dan menyebarluaskan karya-karya informasi dan karya ilmiah kepada masyarakat” ungkapnya.


Untuk itu, ia menambahkan, tersedianya bahan bacaan berbentuk cetak dan elektronik, diharapkan dapat memacu minat masyarakat untuk gemar membaca sekaligus meningkatkan literasi baca tulis dan digital. 


Kata M.Syarif Bando, Perpustakaan Nasional bekerja sama dengan pemerintahan daerah ataupun Kementerian Lembaga, dalam membangun Pojok Baca Digital ini.


“Selain itu, POCADI dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional dengan gagasan untuk memudahkan akses informasi. Prinsip dasar perluasan POCADI, yaitu memperluas layanan perpustakaan agar dapat dinikmati di pusat-pusat kegiatan masyarakat, mempunyai konten/koleksi yang dirancang sesuai kebutuhan penggunanya, berbasis teknologi digital dan konten bahan bacaan yang beragam dan menarik” tutupnya.


Sementara itu, Wali Kota Genius Umar, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Perpusnas dan jajaran, mulai dari Sestama (Sekretaris Utama) sampai para Deputi yang datang menghadiri langsung dari Jakarta, untuk melakukan berbagai kegiatan di Kota Pariaman.


“Kami merasa bangga, karena POCADI Kota Pariaman ini, diresmikan langsung oleh Kepala Perpusnas, M.Syarif Bando. Juga, kami akan manfaatkan POCADI ini, dalam peningkatan SDM masyarakat Kota Pariaman, dan menggencarkan literasi untuk masyarakat umum” ungkapnya.


POCADI di Balaikota Pariaman ini, dilengkapi dengan berbagai perangkat pop up dan aplikasi untuk media promosi, kegiatan serta koleksi e-book, audio dan video yang direkomendasi pada banner yang tersedia. Seperti 3 unit PC All in one, HP 200 Pro, 1 unit DLS (Digital Library Station), 1 unit LED TV Samsung Flat 43 Inch, 1 unit TV Wall Bracket, 1 unit Perangkat Power Back up (UPS), 1 paket interior, meubelair dan jaringan komunikasi, 3 unit perangkat tablet android 32 GB, 3 unit casing tablet android, Buku bacaan 150 judul 300 eksemplar. (mc/sa)




ADSEN KIRI KANAN