Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kapal Nelayan Tenggelam di Kotabaru, 3 Selamat, 2 Orang Hilang

Minggu, 25 Desember 2022 | 15:05 WIB Last Updated 2022-12-25T08:05:00Z

 

Tim SAR Pos SAR Kotabaru menjemput Ardian, Nahkoda KM Diana yang berhasil menyelamatkan diri ke tongkang kandas.




Tim SAR Pos SAR Kotabaru menjemput Ardian, Nahkoda KM Diana yang berhasil menyelamatkan diri ke tongkang kandas.



KOTABARU - Kapal nelayan di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) Jumat  (23/12/2022) tenggelam diterjang cuaca buruk. Sebanyak tiga awak kapal ditemukan selamat dan dua orang masih dalam pencarian. 


"Saat kapal terbalik dan tenggelam ada lima nelayan yang menjadi korban, tiga selamat dan dua hilang," kata Kepala Kantor Basarnas Banjarmasin Al Amrad, Minggu (25/12/2022).


Amrad menjelaskan, kapal nelayan dengan nama lambung KM Diana asal Segumbang Kecamatan Batulicin, Tanah Bumbu  itu diperkirakan tenggelam dihantam gelombang dan angin kencang sekitar pukul 10.00 Wita saat berada diperairan antara Tanjung Kunyit, Pulau Laut Barat dan Pulau Marabatuan Kecamatan Pulau Sembilan,sebagaimana dikutip iNews.id.


Dari data yang dihimpun dari Pos Polairud Tanjung Selayar dua korban selamat bernama Aidil (25) ditemukan di pesisir Desa Tanjung Tengah, Kecamatan Tanjung Selayar Jumat petang sekitar pukul 18.00 wita. Sedangkan Arsyad (25) ditemukan di atas bagan di Desa Tengah. Keduanya langsung dibawa ke Pos Polairud Tanjung Selayar.


Sementara, tiga orang lainnya hanyut karena ombak besar. Basarnas banjarmasin mendapatkan informasi tersebut pada Sabtu (24/12/2022) pukul 08.05 Wita dari keluarga korban.


Selanjutnya Basarnas langsung mengerahkan Tim SAR menuju lokasi melalui Pos SAR Kotabaru menggunakan armada RIB.


Pada pukul 12.07 WITA, tim rescue Pos SAR Kotabaru berhasil menemukan satu orang dalam keadaan selamat atas nama Dian (36) yang merupakan juragan kapal. Korban ditemukan berada di atas kapal tongkang yang kandas di sekitar Tanjung Pelayar. 


"Untuk korban langsung kita evakuasi menuju Posko SAR Gabungan yang berada di Pos Polairud di Tanjung Selayar bersama dua orang korban selamat lainnya," katanya. Kini Basarnas masih terus melanjutkan pencarian dua orang korban yang masih belum ditemukan yaitu atas nama Acing (40) dan Mansyah (40).(*)



ADSEN KIRI KANAN