Notification

×

Adsense atas

Adsen

Jumat Curhat, Kapolsek Payakumbuh Ajak Warga Bersama Jaga Harkamtibmas

Jumat, 30 Desember 2022 | 13:42 WIB Last Updated 2022-12-30T06:42:58Z

 

Kapolsek Payakumbuh, IPTU Doni Prama Dona, SH., saat berdialog dengan Jemaah Masjid Al Iklas. (ist)


Payakumbuh, Fajarharapan.id-Kapolsek Payakumbuh, IPTU Doni Prama Dona, SH., beserta jajarannya menyambangi jemaah Jumat di Masjid Al Iklas, Jumat (30/12/2022). Masjid itu terletak di Jorong Tambun Ijuak, Nagari Koto Tangah Simalanggang, Kabupaten Limapuluh Kota.

Kapolsek Payakumbuh pada kesempatan tersebut menyampaikan gambaran situasi secara umum tentang Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Payakumbuh, Kapolsek Payakumbuh.

Sekaligus mengimbau masyarakat untuk turut serta bekerjasama dengan aparat kepolisian menciptakan harkamtibmas di wilayah hukum Polsek Payakumbuh umumnya dan terkhusunya di Nagari Koto
Tangah Simalanggang. "Mari kita bersama menjaga dan menciptakan harkamtibmas di daerah ini. Harkamtibmas akan sulit terwujud tanpa adanya dukungan dari masyarakat," kata Iptu Doni dalam kegiatan yang diberikan nama "Jumat Curhat".

Kapolsek juga menyampaikan, berdasarkan Pasal 13 UU No. 2 tahun 2002, tugas pokok Polri adalah harkamtibmas, yakni melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat serta penegakan hukum. Selain itu, Polsek Payakumbuh lanjutnya, juga memberikan pelayanan penerbitan SKCK, izin keramaian, penerimaan laporan polisi dan laporan kehilangan barang. Untuk hal itu, kata kapolsek ada berbagai persyaratan yang harus dilengkapi.

Khusus penerbitan SKCK, berdasarkan PP RI No. 50 THN 2010 tentang tarif atas jenis penerimaan bukan pajak yang berlaku di institusi Polri dan PP RI No. 60 tahun 2016 yang menekankan bahwa masyarakat yang mengurus SKCK dikenakan biaya sebesar Rp30.000. "Sedangkan, untuk izin keramaian, laporan polisi dan laporan kehilangan barang, tidak dikenakan biaya alias gratis," tegasnya.

Mengingat mendekat akhir tahun dan dalam rangka menyambut tahun baru, Kapolsek mengimbau masyarakat untuk tidak berlebihan dalam menyambut tahun baru. Warga juga diminta menghindari narkoba dan minuman keras serta tetap menjaga harkamtibmas.

Pada Jumat Curhat tersebut, Kapolsek membuka sesi tanya jawab serta menanggapi beberapa pertanyaan dari masyarakat. Jemaah tampak antusias mengikuti pemaparan dari IPTU Doni. (yuni)

ADSEN KIRI KANAN