Notification

×

Adsense atas

Adsen

Israel Kandangkan Jet Tempur Siluman F-35A gegara Kecelakaan di AS

Senin, 26 Desember 2022 | 16:09 WIB Last Updated 2022-12-26T09:09:00Z

Israel mengandangkan F-35A terkait kecelakaan F-35B di Texas, AS.



TEL AVIV  - Israel mengandangkan jet tempur siluman buatan Amerika Serikat, F-35A, mulai Minggu (25/12/2022). Keputusan diambil terkait kecelakaan pesawat model yang sama di Texas, AS. 


Jet tempur F-35B Lightning II Angkatan Udara AS mengalami kecelakaan saat mendarat secara vertikal di Texas pada Kamis pekan lalu. Pilot selamat setelah keluar menggunakan kursi lontar.


Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan telah mengandangkan 11 unit F-35A. Namun berbeda dengan F-35B, varian F-35A didesain tak bisa mendarat secara vertikal. Oleh karena itu F-35B biasa digunakan pada pangkalan yang memiliki landasa pacu pendek, seperti kapal induk,sebagaimana dikutip iNews.id.


“Dari temuan dan informasi yang dikirim, ada temuan pesawat-pesawat ini memerlukan pemeriksaan khusus guna menghindari kemungkinan berulangnya kejadian pada sistem Israel,” kata seorang juru bicara IDF, dikutip dari RT.


Hasil penyelidikan awal mengungkap, F-35A mungkin memiliki cacat serupa sebagaimana terjadi pada unit yang terlibat kecelakaan di Texas.  Namun keputusan untuk mengandangkan jet tempur siluman tersebut diambil sebatas tindakan pencegahan karena belum bisa dipastikan unit yang diterima Israel memiliki masalah serupa.


Ini adalah kalu kedua Israel mengandangkan F-35 sepanjang 2022. Pada Juli lalu, IDF mengandangkan pesawat canggih itu beberapa hari setelah ditemukan masalah pada kursi lontar. AS juga mengandangkan seluruh unit F-35 saat itu.(*)




ADSEN KIRI KANAN