Notification

×

Adsense atas

Adsen

Heboh Ribuan Ikan Laut Naik ke Daratan di Kepulauan Seribu, Apa Penyebabnya?

Rabu, 14 Desember 2022 | 18:34 WIB Last Updated 2022-12-14T11:34:00Z

 

Ikan menggelepar naik ke daratan. 


JAKARTA - Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Eko Prasetyo angkat bicara terkait fenomena ribuan ikan laut naik ke daratan Pulau Onrust di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.


Eko memastikan, fenomena tersebut bukan merupakan tanda terjadinya gempa bumi. Karena itu, ia meminta masyarakat sekitar pesisir untuk tidak panik.


"Sekali lagi masyarakat tidak perlu panik. ini bukan karena adanya gempa," kata Eko saat dikonfirmasi MNC Portal, belum lama ini.


Eko menjelaskan, hingga saat ini para ahli masih melakukan penelitian terhadap fenomena alam tersebut. Berdasarkan kajian sementara, hal itu disebabkan oleh perbedaan kadar oksigen dari laut yang lebih tengah ke pesisir atau garis pantai,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Di samping itu, juga bisa disebabkan oleh tingkat kesuburan air laut yang merupakan bagian dari rantai makanan tempat berkumpulnya ikan dan kemudian terdorong oleh arus laut.


"Atau dari dorongan energi gelombang menuju kawasan pesisir kemudian gerombolan ikan ini bisa naik ke daratan," pungkasnya.


Sebuah video beredar luas di jejaring pesan singkat WhatsApp yang menampilkan sekitar ribuan ikan laut berukuran sedang naik ke daratan salah satu pulau yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.


Berdasarkan video yang berdurasi 30 detik ini dikabarkan terjadi di Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu.


Dari video terlihat ikan-ikan melompat dari lautan dan memenuhi dermaga. Warga yang merekam video tersebut mengarahkan kameranya ke arah dermaga yang sudah dipenuhi ikan-ikan. ”Waduh, panen, panen, panen!,” kata si perekam video.


Perekam video lantas berjalan menyusuri dermaga di Pulau Onrust tersebut dan menampilkan hal serupa.Ribuan ikan tersebut terus melompat dari permukaan air ke daratan. Alhasil, ikan-ikan itu terkapar di sepanjang dermaga.


”Ada fenomena alam. Sekelilingnya penuh, sekelilingnya penuh, penuh sekeliling pulau,” kata perekam video.(*)



ADSEN KIRI KANAN