Notification

×

Adsense atas

Adsen

Hari Terakhir Pengujung Tahun, Korut Tembakkan Lagi 3 Rudal Balistik

Sabtu, 31 Desember 2022 | 09:05 WIB Last Updated 2022-12-31T03:25:10Z

 

 

Ilustrasi uji coba rudal oleh Korea Utara. 



SEOUL – Korea Utaramenembakkan tiga rudal balistik ke arah laut timur Semenanjung Korea pada Sabtu (31/12/2022). Hal itu diungkapkan oleh militer Korea Selatan.


Peluncuran tersebut semakin menambah panjang daftar rudal yang diujicobakan Pyongyang sepanjang tahun ini. Kourt terus mengembangkan senjatanya di tengah spekulasi bahwa negara komunis itu dapat mengetes senjata nuklir mereka dalam waktu dekat, sebagaimana dikutip iNews.id.


Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Korsel mengungkapkan, tiga rudal balistik jarak pendek ditembakkan Korut mulai sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat (06.00 WIB) dari Provinsi Hwanghae Utara. Lokasi peluncuran rudal itu tepat berada di selatan Ibu Kota Pyongyang.


Sementara Penjaga Pantai Jepangmengatakan, Korea Utara menembakkan proyektil diduga rudal balistik. Tokyo pun mengirimkan pemberitahuan tentang kemungkinan adanya rudal kedua. 


NHK melaporkan, rudal kedua Korut tampaknya telah mendarat di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang.


Korut menembakkan rudal itu sehari setelah Kementerian Pertahanan Korsel mengumumkan bahwa pihaknya telah berhasil melakukan uji terbang kendaraan peluncuran ruang angkasa propelan padat.


Pada Senin (26/122/2022) lalu, lima drone alias pesawat tak berawak Korut menyeberang ke Korsel. Insiden itu mendorong militer Korsel mengerahkan jet tempur dan helikopter penyerangnya untuk menembak jatuh drone-drone itu, namun gagal.


Korut telah menembakkan lebih dari 70 rudal balistik sepanjang tahun ini. Delapan di antaranya berjenis rudal balistik antarbenua (ICBM).(*)


ADSEN KIRI KANAN