Notification

×

Adsense atas

Adsen

Ditahan Thailand 1-1, Timnas Indonesia Berpotensi Bertemu Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

Kamis, 29 Desember 2022 | 20:56 WIB Last Updated 2022-12-29T13:59:23Z

 


JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia terpaksa harus menunda langkah mereka ke semifinal Piala AFF 2022 lantaran ditahan Thailand 1-1 di laga lanjutan Grup A, pada Kamis (29/12/2022) sore WIB. Denagn hasil imbang itu, Timnas Indonesia pun tampaknya memiliki peluang yang lebih besar untuk berjumpa Vietnam di babak semifinal nanti.


Sebab seperti yang diketahui, hasil imbang 1-1 itu membuat Timnas Indonesia gagal menggeser Thailand dari peringkat pertama Grup A Piala AFF 2022. Meski sama-sama mengoleksi tujuh poin, Thailand berkat tetap berada di peringkat pertama karena unggul selisih gol, sebagaimana dikutip Okezone.com


Kini baik Timnas Indonesia dan Thailand masih menyisakan satu laga lagi di Grup A. Timnas Indonesia akan melawan Filipina pada Senin 2 Januari 2022, lalu di hari yang sama Thailand akan menantang Kamboja.


Secara di atas kertas, Thailand diprediksi akan meraih kemenangan dengan jumlah gol yang mungkin cukup telak. Bila itu terjadi, andai Timnas Indonesia menang atas Filipina pun, mereka masih memerlukan gol yang banyak untuk bisa menyalip Thailand.


Jika skenario itu tercipta, Timnas Indonesia akan lolos ke semifinal Piala AFF 2022 dengan status runner-up Grup A. Otomatis, lawan yang akan dihadapi skuad Garuda nantinya adalah juara Grup B, yang berpotensi dikuasai oleh Vietnam.


Ya, Vietnam berpeluang besar menjadi juara Grup B lantaran sejauh ini mereka sanggup memetik dua kemenangan dari dua laga yang dimainkan. Berkat enam poin itu, Vietnam pun bertengger di peringkat pertama klasemen sementara Grup B.


Meski Malaysia dan Singapura sejatinya juga sama-sama memiliki enam poin, kedua tim itu kalah dalam hal selisih gol. Vietnam tercatat sudah mengoleksi sembilan gol dan belum kebobolan.


Dua laga tersisa Vietnam adalah Singapura dan Myanmar. Bila melihat kekuatan tim, maka Vietnam pun diprediksi sanggup memetik kemenangan atas dua lawan terakhirnya di Grup B tersebut.


Karena itulah Vietnam berpotensi sangat besar untuk mengakhiri fase grup dengan berada di urutan teratas. Jika itu benar-benar terjadi, maka potensi laga Timnas Indonesia vs Vietnam akan tercipta.


Tentu hal itu akan menjadi kabar buruk untuk pasukan Garuda. Sebab melawan Vietnam jelas bukanlah perkara yang mudah.


Pada pertemuan terakhirnya di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia ditahan Vietnam 0-0 saat di fase grup. Kini kedua tim jelas makin kuat dan menarik tentunya siapa yang bakal menang jika Timnas Indonesia vs Vietnam benar-benar akan terjadi di semifinal Piala AFF 2022. (*)




ADSEN KIRI KANAN