Notification

×

Adsense atas

Adsen

KPU Kota Pariaman Optimis, 77,5 Persen Pemilih Bisa Terwujud, Pada Pemilu 2024

Rabu, 28 Desember 2022 | 18:44 WIB Last Updated 2022-12-28T11:53:27Z

Komisioner KPU Kota Pariaman, Abrar Aziz saat diwawancarai awak media usai acara di Cafe D'brave, Simpang Sianik, Pariaman Tengah. Rabu, 28/12/2022. 




Kota Pariaman
- Pemilih pemula menjadi target nomor satu dalam menggenjot pemilih pada pemilu 2024  oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman. 

Melihat peluang besar ada dikalangan pemilih pemula yang didominasi oleh pelajar, KPU Kota Pariaman lakukan diseminasi hasil riset terhadap partisipasi pemilih pemula se-Kota Pariaman di D'brave Cafe Simpang Sianik, Pariaman Tengah. Rabu, 28/12/2022. 


Komisioner KPU Kota Pariaman, Abrar Aziz menyebutkan peran pemilih pemula dalam menghadapi pemilu 2024 menjadi penting. Alasannya jelas, saat ini daftar pemilih pemula 5190 orang. Sementara daftar pemilih berkelanjutan (DPB)  68670 orang. Artinya, pemilih pemula 7,5 persen. 




Abrar memaparkan, bahwa pentingnya peran dari generasi muda yakni pemilih pemula untuk pemilu 2024 begitu urgen. Mudah-mudahan, hal ini bisa diwujudkan dengan selalu mengandeng para pemilih pemula. Ujar Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM 


Sementara itu, Didi Rahamdi pemateri sekaligus peneliti dari Fakultas Sosial Politik Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat dalam kesempatan itu memaparkan bahwa semangkin tinggi tingkat ke ikut sertaan politik rakyat memperlihatkan rakyat mengerti dan ikut serta pada kegiatan kenegaraan.

Sebaliknya rendahnya partisipasi politik secara umum mencerminkan bahwa rakyat tidak memberikan pemahaman dan hasrat terhadap jalanya proses demokrasi di Indonesia. 

Ia mengatakan, dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap pemilih pemula di Kota Pariaman yakni dengan melibatkan 150 responden. Kesadaran pada pemilih pemula sudah terbangun tentang penting peran pemilih pemula dalam mensukseskan pesta demokrasi.

Namun, jika dirinci secara jelas tingkat keseriusan dan pemahaman pemilih pemula tentang pemilu masih rendah. Namun, hal ini tentu menjadi tugas kusus strategi apa yang akan dilakukan oleh KPU Kota Pariaman nantinya. Agar pemilih pemula ini benar-benar mengerti tentang pentingnya menjadi bagian dari proses jalanya demokrasi yakni pemilu 2024 mendatang. (Heri





ADSEN KIRI KANAN