Notification

×

Adsense atas

Adsen

Cerita Suti Karno 'Atun' Belasan Tahun Idap Diabetes, Punya Kebiasaan Ini Semasa Muda

Selasa, 27 Desember 2022 | 17:17 WIB Last Updated 2022-12-27T10:17:00Z

 

Suti Karno atau pemeran Atun dalam sinetron Si Doel




Jakarta - Artis lawas Suti Karno menceritakan awal mulanya dia mengidap penyakit diabetes. Lantaran penyakit tersebut, pemeran Atun dalam sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' ini harus menjalani operasi amputasi kaki.  


Tindakan medis tersebut dipilih karena diabetes yang sudah semakin buruk. Sebab, sudah 18 tahun Suti Karno menderita penyakit tersebut. 


Diabetes tersebut membuat luka di kaki kanan sudah tidak bisa tertolong lagi. Itulah sebabnya operasi amputasi kaki dipilih. Suti Karno sempat menceritakan awal mula dirinya bisa kena diabetes. Dia mengatakan, itu semua bersumber dari kebiasaan-kebiasaan buruk semasa muda,sebagaimana dikutip iNews.id.


Suti Karno mengaku sudah sejak lama punya kebiasaan jarang minum air putih. Sejak dulu, ketika syuting Si Doel, di sela istirahat syuting, Atun lebih memilih minuman yang manis dan bersoda. "Saya enggak pernah minum air putih, saya selalu minum minuman bersoda," kata Atun pada awak media, belum lama ini.


Saat itu, kata dia, sudah banyak orang yang memberitahunya untuk menyudahi kebiasaan buruk tersebut. Namun, nasihat soal pentingnya air putih tak pernah didengarkan, hingga akhirnya kenyataan membawanya menderita diabetes. "Enggak ada yang harus disesali. Nikmati saja, ada sebab ada akibat," ujar adik aktor Rano Karno itu.


Sebagaimana diketahui, air putih sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Sebab itu, disarankan mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas per hari. Berdasarkan Kementerian Kesehatan, ada tujuh manfaat air putih, di antaranya;


1. Menyehatkan pencernaan 

2. Menjaga tekanan darah 

3. Meningkatkan daya ingat otak 

4. mencegah penyakit jantung 

5. Baik untuk kulit 

6. Membantu menghindari penumpukan lemak 

7. Menjaga kesehatan tulang. (*)





ADSEN KIRI KANAN