Notification

×

Adsense atas

Adsen

BMKG : Jabodetabek Hujan Ekstrem Besok 28 Desember, Bukan Badai

Selasa, 27 Desember 2022 | 20:05 WIB Last Updated 2022-12-27T13:05:00Z

 

 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.



JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan ekstrem di wilayah Jabodetabek pada Rabu (28/12/2022) besok. Namun hujan ekstrem bukan masuk kategori badai. 


"Jadi itu hujan lebat, bukan pusaran, istilah badai kan pusaran, pusaran angin dan disertai hujan lebat. Kalau Jabodetabek itu 28 Desember masih belum ada merahnya, yang dikhawatirkan Jawa Tengah dan Laut Jawa," kata Dwikorita dalam paparannya secara daring, Selasa (27/12/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


Menurut dia, istilah badai dalam terminologi siklon tropis. Nantinya pusaran angin yang kencang mengakibatkan hujan ekstrem.


"Itu dideteksi akan terjadi tadi di wilayah sebelah utara Papua, dan juga sedang berproses, tapi kemungkinan terjadi katanya rendah di wilayah selatan barat Indonesia, itu dimaksud badai sesungguhnya," sambungnya. 


Dwikorita menegaskan, cuaca di wilayah Jabodetabek besok masih dalam kategori aman. Intensitas hujan besok, kata Dwikorita, adalah hujan ringan hingga sedang.


"Nah Jawa Barat atau Jabodetabek itu 28 Desember masih hijau, jadi insyaallah tidak. Jadi hijau itu sedang, ringan sampai sedang," katanya.


Pada kesempatan yang sama, Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto, meminta semua pihak berhati-hati dalam penggunaan istilah. Dia memastikan hujan esktrem dan badai itu berbeda.


"Saya ingin perkuat Kepala BMKG bahwa hati-hati dalam penggunaan istilah, dalam berita beredar ada istilah badai, serangan badai, barangkali perlu diluruskan, ini adalah hujan lebat, kalau kita lihat ada legendanya," kata Guswanto.(*)


ADSEN KIRI KANAN