Notification

×

Adsense atas

Adsen

Anies Kenang Ridwan Saidi yang Bersahabat Erat dengan Kakeknya

Minggu, 25 Desember 2022 | 19:30 WIB Last Updated 2022-12-25T12:30:00Z

 

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan budayawan Ridwan Saidi





JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedanmenyampaikan dukacita atas wafatnya budayawan Ridwan Saidi. Anies mengenang percakapannya dengan Ridwan Saidi yang sering mengingatkan bahwa dia merupakan sahabat erat AR Baswedan, kakeknya Anies.


“'Anies, kakekmu itu sahabat ane. Jadi ente itu cucu (ane) ya", selorohnya sambil tertawa, setiap jumpa, Babeh Ridwan Saidi selalu ingatkan,” tulis Anies di akun Instagram @aniesbaswedan, Minggu (25/12/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


Bahkan, ketika sang kakek meninggal dunia di tahun 1986, Ridwan Saidi menuliskan obituari di sebuah majalah.


“Ketika kakek meninggal di tahun 1986, Babeh Ridwan menuliskan obituari dalam sebuah artikel: Kesaksian terhadap A.R. Baswedan di majalah Panji Masyarakat No 499, edisi 19 Maret 1986,” kenangnya.


Ketika Ridwan berulang tahun pada 2018, Anies sempat memberikan topi gubernur kepadanya. Topi itu kemudian diketahui sering dipakai Ridwan saat bepergian.


“Pada miladnya yang ke-76 di TIM (2018), saya berikan topi gubernur yang ternyata almarhum sering pakai saat jalan ke lapangan,” kata Anies.


Anies mengaku kehilangan seorang putra Betawi yang selama ini mendedikasikan hidupnya untuk pelestarian budaya Betawi. Dia pun mendoakan agar semua amal ibadah almarhum diterima Allah SWT.


“Kita di Jakarta merasa kehilangan salah seorang putra Betawi yang selama ini menghibahkan waktunya, energinya, hidupnya untuk pelestarian budaya Betawi. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah, serta mengampuni semua khilaf beliau. Al-Fatihah...,” kata Anies.(*)


ADSEN KIRI KANAN