Notification

×

Adsense atas

Adsen

Walikota Genius dan Istri Ikuti Sarasehan Nasional Istri Walikota se Indonesia di Kota Jambi

Sabtu, 26 November 2022 | 21:12 WIB Last Updated 2022-11-27T14:18:17Z

Walikota Pariaman Genius Umar dan Isteri dalam acara Sarasehan Nasional Istri Walikota se Indonesia di Kota Jambi, Jum'at 25 November 2022 (foto.dok.mcp)


Kota Pariaman
- Untuk pertama kalinya Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), menggelar Sarasehan Nasional Istri Walikota se-Indonesia, dan bekerjasama dengan INMARK COMMUNICATION, juga menyelenggarakan pameran perdana “Perempuan Indonesia EXPO 2022” yang dihelat di BW Luxury Hotel, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Jum’at (25/11/22).


Kegiatan ini dibuka Irjen Kementerian Dalam Negeri, Komjen Tomsi Tohir Balaw, dan dihadiri langsung Ketua APEKSI, yang merupakan Wali Kota Bogor Bima Arya, Wali Kota Jambi sekaligus Dewan Pengawas APEKSI Syarif Fasha, dan Wali Kota Pariaman Genius Umar.


Komjen Tohir dalam sambutannya mengatakan, sarasehan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan dan diharapkan akan terus dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan, untuk mempersiapkan para istri walikota, dalam mendukung tugas suami, dan meningkatkan partisipasi masyarakat, berdasarkan situasi dan kondisi kearifan lokal.


“Ini adalah sarasehan yang pertama yang diinisiasi oleh APEKSI, dan kami berharap serta mendoakan, agar kegiatan berikutnya, dapat berjalan dengan baik. Yakni dengan program-program yang semakin terasa kebermanfaatanya bagi para istri walikota dan masyarakat di daerah” ucapnya.


Sementara itu, Ketua APEKSI, Bima Arya mengungkapkan, kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini, diharapkan membekali para istri petinggi kota di seluruh Indonesia, agar dapat membantu pekerjaan para suami. Terutama dalam menjalankan tugas negara, yang diembankan dipundak mereka.


“Kegiatan ini bukan hanya acaranya saja, tetapi juga wadahnya, dan ini bukan sekedar mendukung pekerjaan suami saja, juga untuk kepentingan kota, dan bangsa. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dan diubah, apabila istri walikota saling bersinergi dan berkolaborasi,” tukasnya.


Sedangkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan, bahwa peran para istri Wali Kota, tidak hanya mendampingi suami saja. Tetapibmempunyai peranan yang lebih besar di daerah masing-masing. Yakni salah satunya sebagai motor pembangunan, khususnya pembangunan keluarga.


“Para istri wali kota, memegang peranan yang penting dalam pembangunan di daerahnya. Karena, mereka juga memegang jabatan-jabatan sebagai Ketua TP PKK, Ketua Dekranasda, Bunda PAUD, Bunda Literasi, Ketua Kanker dan banyak jabatan lain, yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat” ungkapnya.


Disamping itu, Genius menuturkan, bahwa acara ini, bukan hanya untuk membangun silaturahmi saja. Juga saling bertukar informasi, program dan saling memperkuat kegiatan dan aksi di masing-masing kota.


“Istri wali kota juga berperan dalam menjaga ketahanan keluarga dan membangkitkan peran serta masyarakat, baik terhadap masalah yang ada di keluarga, ekonomi, kesehatan, stunting, Covid-19 dan masalah yang ada lainya, dan hal ini telah kami lakukan di Kota Pariaman,” tutupnya.


Istri Wali Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, yang turut hadir dalam acara yang digelar, 23 s.d 25 November 2022 ini, mengatakan, dengan digelarnya sarasehan ini, dirinya dapat menambah pengetahuan dan wawasan secara global.Ia memahami sebagai perempuan, dirinya berperan untuk meningkatkan pendapatan keluarga, serta dapat memperbaiki taraf hidup keluarga.


“Kota Pariaman menjadikan PKK sebagai salah satu misinya dalam RPJMD, karena itu, kami di Kota Pariaman, memberdayakan perempuan dalam berbagai kegiatan yang ada di tiap OPD. Sehingga mereka dapat meningkatkan taraf hidup dan ketahanan keluarga” pungkasnya.


Lulusan Doktor di UNP ini berharap, agar kiranya dirinya bisa berbuat banyak kedepannya, baik dalam mendukung peran suami menjalankan pemerintahan di daerah. Juga berperan strategis dalam mendorong dan mensupport upaya percepatan program pembangunan yang ada di Kota Pariaman.


“Kami yakin dengan kekuatan para istri melalui sarasehan ini, akan dapat menciptakan terobosan baru yang dibuat oleh para istri para wali kota di Indonesia. Dalam hal ini, dalam mencapai tujuan tersebut, ketika pandemi Covid-19, kami melihat UMKM dapat terus hidup dan menjadi tulang punggung perekonomian” katanya.


Ny. Lucyanel Genius menyatakan, kegiatan Sarasehan Istri Walikota se Indonesia ini, dapat menjadi ajang promosi bagi produk-produk unggulan UMKM yang ada, dan ajang belajar untuk meningkatkan kualitas produk daerah masing-masing.


Selain Sarasehan, sebut Lucyanel, disini juga diselenggarakan Perempuan Indonesia Expo. Tentu, diharapkan dapat menjadi pagelaran tahunan dengan tema khusus perempuan. Perempuan Indonesia Expo 2022, juga menjadi ajang promosi budaya, produk UMKM, kuliner nusantara, dan produk-produk inovasi dan teknologi terbaru yang mendukung pembangunan smart city & urban development, 


"Sehingga akan menjadi barometer bagi kemajuan produk UMKM yang akan tampil untuk pemasaran di Kawasan Indonesia,” tuturnya mengakhiri. (mcp/sa)





ADSEN KIRI KANAN