Notification

×

Adsense atas

Adsen

Usai Kehilangan Kota Kherson, Rusia Rebut Satu Desa dari Ukraina

Minggu, 13 November 2022 | 21:05 WIB Last Updated 2022-11-13T14:05:00Z

 

Tentara Rusia (ilustrasi). 




MOSKOW – Angkatan Bersenjata Rusia dilaporkan merebut Desa Maiorsk di Wilayah Donetsk dari Ukraina. Hal itu diungkapkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada Minggu (13/11/2022).


“Di arah Donetsk, sebagai hasil dari tindakan ofensif pasukan Rusia yang sukses, Desa Mayorsk telah dibebaskan sepenuhnya,” ungkap kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip kantor berita Sputnik, sebagaimana dikutip iNews.id.


Sebelumnya dilaporkan bahwa Ukraina berhasil merebut Kota Kherson dari Rusia. Itu adalah satu-satunya kota besar di Ukraina yang diduduki Moskow sejak Rusia melancarkan agresi militer hampir sembilan bulan lalu.


Kini, pasukan Kiev diperkirakan bakal mengalihkan sebanyak 40.000 tentaranya dari Kherson ke daerah-daerah lain, termasuk wilayah Zaporizhzhia.


Rusia melancarkan operasi militer di Ukraina pada 24 Februari, setelah Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) meminta bantuan Moskow untuk mempertahankan diri dari pasukan Ukraina. DPR dan LPR adalah dua entitas politik di Donbas yang memisahkan diri Ukraina.


Pada Oktober lalu, Provinsi Kherson, Zaporizhzhia, DPR, serta LPR di Ukraina digabungkan ke dalam Federasi Rusia setelah Moskow menggelar referendum di empat wilayah itu.(*)


ADSEN KIRI KANAN