Notification

×

Adsense atas

Adsen

Tim Evaluasi PKK Provsu Puji Kreativitas Desa Dolok Masihul yang Masuk Nominasi 8 Besar UP2K

Minggu, 13 November 2022 | 18:19 WIB Last Updated 2022-11-13T11:19:24Z


Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya saat menyapa.


Dolok Masihul, fajarsumbar.com. - Selain berkunjung ke Desa Firdaus, di hari yang sama Tim Evaluasi Desa Percontohan PKK Provinsi Sumut (Provsu) juga menyambangi Desa Dolok Manampang, Kecamatan Dolok Masihul, Sabtu (12/11/2022). Kedatangan Tim Evaluasi ini diterima oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang didampingi Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya. Hadir pula Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, , Para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, kepala desa se-Dolok Masihul, serta Kader PKK Kecamatan se-Kabupaten Sergai.


Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan terima kasih atas kehadiran Tim Evaluasi pasca terpilihnya Desa Dolok Manampang sebagai Desa Percontohan kategori Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). 


Darma Wijaya kemudian menerangkan, salah satu yang paling terkenal dari Dolok Manampang adalah UMKM sentra produksi tahu, hingga desa ini mendapat julukan Kampung Tahu. Sebagai warga asli Kecamatan Dolok Masihul, Bupati Sergai mengingat betul jika dulunya desa Dolok Manampang termasuk kawasan terisolir karena infrastruktur jalan yang buruk.


“Namun saya dan Pak Wabup memiliki komitmen tinggi untuk melakukan pembenahan terhadap akses jalan di daerah ini. Sudah dilakukan banyak pembangunan infrastruktur di Desa Dolok Manampang, terkhusus jalan, sehingga mobilitas warga sudah jauh lebih baik,” katanya.


Dukungan infrastruktur ini, sambungnya, tentu berdampak langsung terhadap peningkatan UMKM produksi tahu di Desa Dolok Manampang. Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati, juga mengungkapkan jika pihaknya sangat serius mengembangkan Kampung Tahu tidak hanya sebagai sentra produksi, namun juga jadi destinasi wisata potensial.


“Tahu Dolok Manampang ini sering saya bawa sebagai oleh-oleh saat berkunjung keluar kota. Ini supaya produk olahan asli Sergai dikenal lebih luas dan bisa bersaing,” ujar Bang Wiwik.


Terakhir Bupati Sergai berharap, pengembangan Desa Dolok Manampang lewat Kampung Tahu bisa konsisten berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan keluarga, sesuai dengan tujuan dan visi PKK. 


Di kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya berdoa agar usaha dan semangat kader PKK untuk menyukseskan kegiatan pada hari ini bisa terbayar dengan hasil terbaik. 


“Kalau sebelumnya kita meraih posisi Harapan 1, sekarang kita berharap dan berusaha supaya jadi juara 1. Ini sebab Desa Dolok Manampang punya potensi luar biasa yang bisa terus digali,” ucap Rosmaida, sembari mengajak seluruh pihak terkait untuk saling membantu dan menyukseskan.


Di kesempatan serupa, Ketua TP-PKK Provsu yang diwakili Ketua Pokja 2 PKK Sumut Ny. Bidasari Daulay dalam sambutannnya menyampaikan apresiasinya atas kesiapan Desa Dolok Manampang dalam kegiatan UP2K tahun 2022. Menurutnya hal tersebutlah yang menjadi alasan kenapa desa ini mampu menembus nominasi 8 besar untuk kategori UP2K. 


“Saya lihat sendiri bagaimana masyarakat di sini kreatif dalam mengolah produk tahu. Banyak sekali varian menarik yang dihasilkan dan hal tersebut masuk dalam penilaian kami,” ungkapnya. (Sembiring)


ADSEN KIRI KANAN