Notification

×

Adsense atas

Adsen

Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Karya Bhakti Bangun Jamban Untuk Warga Perbatasan

Jumat, 04 November 2022 | 18:05 WIB Last Updated 2022-11-04T11:05:25Z

.


Bengkayang, Kalbar , fajarharapan.id – Prajurit Pos Kumba Semunying Satuan tugas Pengamanan perbatasan (satgas pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha dipimpin oleh Wadanpos Serda Galih beserta 5 (lima) orang anggota bantu warga masyarakat perbatasan dalam Karya Bhakti pembuatan jamban mandi, bertempat di dusun peleng desa sinar baru kecamatan jagoi babang Kabupaten Bengkayang.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gardatama Yudha Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong Kab. Sanggau. Jumat (4/11/2022).


Dansatgas mengatakan, Pembuatan jamban tersebut merupakan wujud kepedulian kami satgas pamtas TNI kepada warga perbatasan yang belum mempunyai jamban, agar bisa menerapkan pola hidup sehat di dalam kehidupan sehari-hari. 

Dikatakannya sebagian warga perbatasan, masih ada beberapa rumah warga wilayah binaan kita di sekitar daerah ini belum memiliki jamban, itu sebabnya kita bantu bangun jamban. Imbuhnya

Lebih lanjut dikatakan, dengan dibuatkannya jamban bagi warga Dusun peleng yang selama ini sebagian warga belum mempunyai jamban, sangat dirasakan langsung oleh warga tersebut, karena selama ini warga kesulitan setiap buang air besar dan mandi harus ke sungai.

“Dengan pembuatan jamban ini, masyarakat perbatasan dapat buang air besar pada tempat yang layak dan mandi lebih nyaman tertutup, sehingga masyarakat bisa menerapkan pola hidup yang sehat dalam jangka waktu yang Panjang.” Ungkapnya.


Setelah pembangunan jamban dapat menciptakan situasi kondisi tempat tinggal warga perbatasan yang lebih sehat dan nyaman. Pembuatan jamban bagi warga tersebut diharapkan dapat mendukung upaya menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat. 

“Kalau lingkungan bersih, pasti bisa dikategorikan masyarakat kita sehat. Jamban juga sangat penting dalam menjaga kebersihan lingkungan,” terangnya.


Sementara itu, Ketua RT Dusun peleng mewakili warga masyarakat dusun peleng mengucapkan terima kasih kepada anggota Pos Kumba Semunying Satgas Pamtas Yonif 645/GTY telah bantu bangun jamban untuk warga kami. Ujarnya

“Dengan adanya Bapak TNI satgas pamtas Yonif 645/Gty disini yang sudah membantu membuatkan jamban untuk kami, tentunya sangat berguna bagi kesehatan kami, karna jamban ini adalah suatu kebutuhan kami disini dan dengan adanya jamban ini, saya bisa menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari," Imbuhnya.
(Satgas Pamtas Yonif 645/Gty)



ADSEN KIRI KANAN