Notification

×

Adsense atas

Adsen

Sambut HUT PGRI, Digelar Berbagai Lomba Guru di Muba

Selasa, 15 November 2022 | 12:58 WIB Last Updated 2022-11-15T05:58:32Z

Foto bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar berbagai kegiatan perlombaan, sekaligus dalam rangka HUT PGRI yang ke-77 tahun.


Sekayu, fajarharapan.id - Dalam rangka peningkatan profesionalisme Guru sekaligus meningkatkan SDM pendidikan yang unggul serta mempererat tali silaturahmi, pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar berbagai kegiatan perlombaan, sekaligus dalam rangka HUT PGRI yang ke-77 tahun.


Pj Bupati Muba H Apriyadi diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Syafaruddin MSi membuka langsung kegiatan perlombaan tersebut, yang terpusat di SMP Negeri 6 Unggul Sekayu, Selasa (15/11/2022).


Disampaikan Syafaruddin, bahwa sesuai tema pada peringatan HUT ke- 77 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2022 yakni 'Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat, Indonesia Maju', maka Pemkab Muba mengajak semua guru supaya dalam proses mendidik siswa di sekolah harus menerapkan asas disiplin. Sebab menjadi seorang guru atau pendidik harus mempunyai perilaku baik sehingga dapat dicontohi oleh para peserta didiknya.


"Guru adalah seorang panutan bagi siswanya baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah, karena ada istilah 'guru kencing berdiri murid kencing berlari', itu mempunyai arti bahwa seorang guru itu dipercaya oleh muridnya dan diikuti setiap tindak tanduknya. Berarti apapun yang dikatakan oleh seorang guru pasti akan dipercaya oleh muridnya, dan apapun yang lakukan oleh guru dalam mendidik pasti akan diikuti juga oleh muridnya," ucap Asisten Administrasi Umum.


Ketua PGRI Kabupaten Muba, Nazarul Hasan MPd melaporkan bahwa jenis perlombaan dalam rangka memperingati HUT PGRI yang ke- 77 ini yaitu, perlombaan menghias tumpeng, bola voli, tenis meja, bercerita, ikrar guru, video pembelajaran, fashion show, stand up comedy, paduan suara dan lomba karoke.


"Peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun ini diadakan sejumlah kegiatan lomba dan kegiatan lomba tersebut akam berlangsung selama tiga hari yakni, tanggal 15-17 November 2022, dan di ikuti oleh para guru dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan Madrasyah se Kabupaten Muba,"paparnya.


Nazarul juga menyebutkan, tujuan kegiatan selain untuk menjalin tali silaturahmi antar guru, juga bertujuan meningkatkan kesadaran dan komitmen guru dan pemangku kepentingan pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan dan pembangunan karakter bangsa.


"Kemudian guna memperkuat semangat dan dedikasi guru melalui organisasi guru profesional PGRI dalam meningkatkan sumber daya manusia. Memperkuat rasa kebersamaan guru melalui organisasi profesi PGRI yang independen,demokratis dan kesinambungan dan memperkokoh solidaritas serta kesetiakawanan anggota,"pungkasnya.(Rusdian)


ADSEN KIRI KANAN