Notification

×

Adsense atas

Adsen

Rusia Tembakkan 85 Rudal Sasar Fasilitas Energi, Ukraina Gelap Gulita tanpa Listrik

Rabu, 16 November 2022 | 14:49 WIB Last Updated 2022-11-16T07:49:00Z

Tentara Rusia terus menyerang fasilitas energi Ukraina menggunakan rudal.



KIEV  - Tentara Rusia terus menggempur Ukraina. Mereka menyerang fasilitas energi dengan serangan rudal dari timur ke barat. Serangan ini menyebabkan pemadaman listrik yang meluas.  


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia menembakkan setidaknya 85 rudal dengan menyasar infrastruktur energi dan mematikan listrik di banyak kota. "Kami akan selamat dari segalanya," ujar Zelensky.


Dia menyebut pihaknya tengah memperbaiki semuanya. "Kami sedang bekerja, akan memulihkan semuanya. Kami akan selamat dari segalanya,” kata Zelensky seperti dilansir dari AP, Rabu (16/11/2022). Zelensky juga meminta warganya untuk tetap berada di tempat yang aman dan mencari perlindungan karena akan lebih banyak serangan yang mungkin terjadi,sebagaimana dikutip iNews.id.


Sementara itu Menteri Energi Ukraina Herman Haluschenko menyebut serangan ke fasilitas listrik itu adalah yang paling besar selama invasi Rusia. Serangan menyasar pembangkit listrik dan sistem transmisi.


Herman Haluschenko menggambarkan serangan rudal itu sebagai upaya balas dendam Rusia setelah kemunduran militer dan diplomatik Moskow. Dia menuding tentara Rusia berusaha menyebabkan kerusakan maksimum pada sistem energi Ukraina menjelang musim dingin.


Sebelumnya jaringan listrik Ukraina telah dihancurkan oleh serangan Rusia yang membuat sekitar 40 persen infrastruktur energi negara terganggu.  Setidaknya selusin daerah melaporkan pemadaman listrik, yang memengaruhi kota-kota yang berpenduduk jutaan orang tersebut. 


Pihak berwenang juga mengatakan jika hampir setengah dari wilayah Kiev kehilangan listrik.  Menurut seorang juru bicara Angkatan Udara Ukraina mengatakan Rusia menggunakan rudal jelajah X-101 dan X-555.(*)



ADSEN KIRI KANAN