Notification

×

Adsense atas

Adsen

Rudal Korut Terbang di Wilayah Jepang Picu Peringatan, Warga Diminta Berlindung

Kamis, 03 November 2022 | 10:15 WIB Last Updated 2022-11-03T03:15:00Z

 

Korea Utara kembali menembakkan rudal, kali ini terbang di wilayah udara Jepang



SEOUL - Korea Utara (Korut) terus menembakkan rudal-rudalnya. Bahkan dalam peluncuran terbaru, Kamis (3/11/2022), rudal Korut melintasi wilayah udara Jepang. Ini memicu peringatan di beberapa wilayah Jepang, warga diminta tak keluar ruangan.  


Korut juga menembakkan sedikitnya 23 rudal dalam sehari, Rabu (2/11/2022). Salah satu rudal mendarat tak jauh dari pantai Korea Selatan (Korsel). 


Militer Korsel juga melaporkan peluncuran rudal terbaru Korut hari ini, yakni diarahkan ke lepas pantai timur negara itu. Kantor berita Yonhap melaporkan, rudal melewati tahap pemisahan yang mengindikasikan sebagai senjata jarak jauh, sebagaimana dikutip iNews.id.


Sementara itu dalam peluncuran kemarin, salah satu rudal Korut mendarat kurang dari 60 km dari pantai Korsel. Otoritas Korsel mengeluarkan peringatan serangan udara yang sangat jarang terjadi, seraya meluncurkan rudal sendiri tanggapan.


Ini juga membuat Presiden Korsel Yoon Suk Yeol geram. Dia menggambarkan penembakan itu sebagai pelanggaran batas wilayah, sementara Amerika Serikat (AS) menyebutnya sebagai tindakan sembrono.


Itu merupakan kali pertama rudal balistik Korut mendarat di dekat perairan Korsel sejak semenanjung berpisah pada 1945. (*)



ADSEN KIRI KANAN