Notification

×

Adsense atas

Adsen

Politeknik ATI Padang, Gelar Kuliah Umum Bagi Mahasiswa MLIA, Dengan Pembicara dari PT ILM

Jumat, 25 November 2022 | 08:41 WIB Last Updated 2022-11-25T07:08:14Z

.

Padang, fajarharan.id - Mahasiswa Manajemen Logistik Industri Agro (MLIA) Politeknik ATI Padang, kuliah umum dengan topic, "Cold Storage dan Dokumen Ekspor" bersama nara sumber PT. Indo Lautan Makmur (PT. ILM) secara zoom, Kamis (24/11/2022).



Dari 2 nara sumber yang menjadi pembicara pada Kuliah Umum tersebut, yakni Cakra Laksana dengan materi Cold Storage (gudang pendingin) antara lain memaparkan, cold storage adalah sebuah ruangan yang dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu dan digunakan untuk menyimpan berbagai macam produk yang bertujuan untuk mempertahankan mutu barang. 


Menurut Cakra, cara kerjanya hampir mirip seperti kulkas, namun Cold Storage memiliki ukuran yang besar dan luas. "Cold Storage, memiliki pengaturan suhu yang dapat diatur tergantung kebutuhan produk yang ada didalamnya," ungkap penanggung jawab Mutu Perusahaan itu.


Sementara itu, Anggia Ayu Andina Fatah, dengan topic, Pemahaman Dokumen Ekspor dan Alur Proses Ekspor menyebutkan, langkah awal yang harus dilakukan untuk melakukan ekspor diantaranya, menentukan jumlah barang, tujuan ekspor, tanggal keberangkatan, pemesanan kontaiber dan kelengkapan dokumen.


"Kemudian, kelengkapan dokumen dikirim sebelum barang tiba di tujuan," kata Anggia.


Dikonfirmasi fajarharan,id, Ketua Jurusan Manajemen Logistik Industri Agro (MLIA) H. Radna Ningsih, SE, MM mengatakan, melalui kuliah umum ini, diharapkan mahasiswa bisa mengetahui gambaran tentang penggunaan dan perawatan cold storage khusus nya di industri makanan beku.


Kemudian H. Radna Ningsih menyebutkan juga, mahasiswa dapat memahami alur proses ekspor dan dokumen yang perlu disiapkan.


"Saat ini, ada 8 orang mahasiswa MLIA Politeknik ATI Padang yang sedang mengikuti Kuliah Kerja Praktek (KKP) di PT ILM yang berlokasi di daerah Sidoharjo Jawa Timur itu, imbuhnya.
( Rel / Atip )



ADSEN KIRI KANAN