Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pemkab Pessel Didorong Anggota DPRD Agar Tambah Pabrik Sawit

Rabu, 02 November 2022 | 21:28 WIB Last Updated 2022-12-07T14:35:01Z

.


Painan — Selain permasalahan harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit swadaya di Kabupaten Pesisir Selatan, enam anggota DPRPD diwilayah tersebut mendorong untuk segera mendirikan pabrik kelapa sawit baru.


Diungkapkan Anggota DPRD Pessel yang juga Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Novermal, pihaknya juga akan mendorong Bupati supaya segera menambah PKS di daerahnya. Di Pessel ada 76,2 ribu hektar kebun kelapa sawit, dan 41,3 ribu hektar adalah kebun rakyat atau kebun swadaya.


Sementara PKS baru ada 5 unit, dan 2 unit milik Incasi Raya Grup tidak lagi membeli TBS kebun swadaya. 


.


“Untuk itu, Bupati harus tegas mencabut izin PKS yang sudah diberikan, tapi tidak segera menyelesaikan pembangunan pabriknya, dan memberi izin baru kepada investor yang betul-betul serius ingin membangun PKS dan mau bermitra dengan pekebun swadaya,” katanya  dalam keterangan resmi diterima media, Selasa (1/11/2022).


Sementara keenam anggota DPRD Pessel yang mengusulkan pembentukan Pansus tersebut adalah, Novermal (PAN), Awarisman (Demokrat), Aljufri (Nasdem), Ronaldi (PDI Perjuangan), Rahman (PKB), dan Yusman (PKS). 


“Insya Allah pembentukan Pansus ini akan didukung oleh semua anggota DPRD. Karena, ini menyangkut nasib puluhan ribu keluarga yang bergantung hidup pada kebun kelapa sawit swadaya,” pungkasnya.(*/adv/wandi)


ADSEN KIRI KANAN