Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pembukaan Germas Di Kota Payakumbuh, Diawali Senam Bersama

Minggu, 06 November 2022 | 21:05 WIB Last Updated 2022-11-06T14:12:26Z

Payakumbuh, fajarharapan.id - Pejabat Wali Kota Payakumbuh Drs. H. Rida Ananda, Msi diwakili Staf Ali Walikota Payakumbuh Elvi Jaya, ST memberikan apreasiasi yang sangat tinggi kepada Pemerintah Provinsi Sumatera  yaitu Dinas Kesehatan dan Ketua DPRD. Provinsi Sumatera Barat yang telah memberikan dukungan dan perhatian penuh terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)  saat membuka kegiatan Germas, yang diawali dengan senam bersama dihalaman SMKN. 2 Payakumbuh, Sabtu (5/6).

Elvi Jaya mengatakan perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar Germas  dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Penyakit menular seperti diare, tuberkulosa hingga demam berdarah dahulu menjadi kasus kesehatan yang banyak ditemui,  kini telah terjadi perubahan yang ditandai pada banyaknya kasus penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker dan jantung koroner.

Mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia. Kini setidaknya masih ada triple burden atau tiga masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi.

Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat, kata Elvi Jaya.

Sementara itu Ketua DPRD. Provinsi Sumatera Barat dalam sambutannya memberikan motivasi kepada seluruh insan pendidikan (sekolah, red) untuk selalu menjaga kesehatan. 

Karena kesehatan adalah modal dasar bagi setiap orang untuk aktif dan produktif dalam belajar, dalam beraktifitas sehari – hari. “Germas adalah upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, dengan olahraga rutin  dan membiasakan makan sayur dan buah setiap hari seperti yang kita lakukan hari ini”, tegas Supardi.

Supardi menjelaskan, salah satu langkah untuk gerakan hidup sehat dengan makan buah dan sayur.
Keinginan untuk makan makanan praktis dan enak seringkali menjadikan berkurangnya waktu untuk makan buah dan sayur yang sebenarnya jauh lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 
Saat in, banyaknya jenis makanan dan minuman seperti junk food dan minuman bersoda sebaiknya dikurangi atau dihentikan konsumsinya.

Menambah jumlah konsumsi makanan dari buah dan sayur merupakan contoh Germas yang dapat dilakukan oleh siapapun.

Kemudian, ada fenomena bagaimana cara mengatasi agar anak mau makan buah dan sayur, untuk hal ini anda dapat mengaplikasikan jurus tips anak mau makan buah dan sayur sebagai berikut yaitu salah satunya dengan mengkreasikan makanan dari buah dan sayur dengan mengubahnya menjadi tampilan yang menarik, contohnya dari karakter kartun yang disukai anak menggunakan buah tomat dan sayur ketimun sehingga tadinya anak susah makan buah dan sayur menjadi mau makan sayur dan buah, harap Supardi.

Pembukaan Gemas yang dikemas oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat itu pun diakhiri dengan makan buah bersama dengan seluruh insan pendidikan yang ada di Kota Payakumbuh.

Tampak hadir dalam pembukaan Gerams itu Drg. Achmad Mardanus, M.Kes mewakili Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Asricun (Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 4 Provinsi Sumatera Barat), Wawan Sufianto (Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh),  Kepala Sekolah beserta siswa dijajaran Dinas Pendidikan Sumatera Barat maun dijajaran Pemerintah Kota Payakumbuh. (Humas/Zik)

ADSEN KIRI KANAN