Notification

×

Adsense atas

Adsen

Minangkabau Fashion Festival dan Minang Photo Raun Sukses Digelar, Gubernur Sumbar: Angkat Marwah Kearifan Lokal Minangkabau

Selasa, 15 November 2022 | 11:07 WIB Last Updated 2022-11-15T04:07:49Z



.
Padang - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansyarullah mengapresiasi kolaborasi antara Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar dengan Dekranasda Sumbar dan kabupaten dan kota sehingga dapat menghadirkan kreasi baru dari kerajinan tekstil asli Sumbar berupa tenun dan batik siap pakai hasil karya para desainer dalam gelaran Minangkabau Fashion Festival.


Puncak kegiatan Minangkabau Fashion Festival yang sekaligus dipadukan dengan kontes fotografi Minang Photo Raun tersebut, dibuka langsung oleh Gubernur Mahyeldi, bertempat di Jl. Batang Arau, tepatnya dibawah Jembatan Siti Nurbaya, Padang, Minggu (13/11/2022) malam.


Dalam sambutannya Gubernur mengatakan kegiatan Minangkabau Fashion Festival sangat besar artinya dalam upaya mengangkat nilai-nilai kearifal lokal Sumbar, khususnya kerajinan tekstil.


"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kami menyambut positif acara ini. Memang kegiatan seperti inilah yang kita harapkan karena akan mengangkat potensi-potensi kearifan lokal yang dimiliki Sumbar," ujar Gubernur.


Ditambahkan Gubernur, dengan sapaan akrab Buya itu, potensi kerajinan tekstil Sumbar yang sudah lama dikenal harus diangkat kembali. Karena itu gubernur juga mengapresiasi keikutsertaan Sumbar dalam berbagai pameran dan festival di tanah air maupun di luar negeri dengan menampilkan berbagai kerajinan tenun khas Sumbar.


Selain itu, kegiatan serupa juga dikatakan gubernur, sangat tepat dalam mendukung program Visit Beautiful West Sumatera 2023 mendatang. Karena itu gubernur juga minta agar disiapkan juga desain baju dari bahan tenun maupun batik khas Minangkabau untuk pria dan wanita.


Dalam acara yang juga dihadiri Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono serta perwakilan Forkopimda Sumbar tersebut ditampilkan masing-masing fashion karya terbaik desainer muda Sumbar untuk kategori tenun dan kategori batik.


Dari fashion yang ditampilkan tersebut, dipilih masing-masing 5 desain terbaik dan penghargaan diberikan langsung oleh gubernur dan Kapolda Sumbar untuk masing-masing pemenang.


Ketua Dekranasda Sumbar, Ny Harneli Mahyeldi atau akrab disapa Umi Harneli juga mengapresiasi berbagai karya desainer yang terpilih sebagai nominasi dan terpilih menjadi yang terbaik. Umi berharap kedepan masih banyak lagi muncul kreasi yang akan semakin mengangkat potensi kerajinan tekstil Sumbar.


"Kerajinan Sumbar selalu mendapat tanggapan positif di berbagai pameran seperti di Inacraft yang lalu. Karena itulah potensi ini harus kita kembangkan terus. Kalau bukan kita yang memakai hasil kerajinan daerah kita, siapa lagi?" Kata Umi.


Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda menjelaskan tujuan utama digelarnya dua kegiatan tersebut adalah dalam rangka mengenalkan kembali potensi kerajinan khas tekstile Sumbar yang sudah terkenal namun sempat surut akibat pandemi    Covid-19.


"Melalui kegiatan ini kita juga ingin menumbuhkan minat dan kreatifitas para pengrajin dan desainer di Sumbar. Serta memperkuat jejaring dengan para pegiat fotografer dari Sumbar, Riau dan Jambi," jelas Budianda.


Turut hadir dalam acara ini sejumlah pejabat di lingkup Pemprov Sumbar, pimpinan BUMN dan BUMD, serta mantan Ketua Dekranasda Sumbar dan pusat, Ny.Vita Gamawan Fauzi.(doa/MMC)


Dinas Kominfotik Sumbar


ADSEN KIRI KANAN