Notification

×

Adsense atas

Adsen

Malaysia Gelar Pemilu Besok, Warga Berbondong-bondong Mudik

Jumat, 18 November 2022 | 14:14 WIB Last Updated 2022-11-18T07:14:00Z

 

Malaysia bersiap-siap menggelar pemilu pada Sabtu (19/11) 


KUALA LUMPUR - Malaysia akan menggelar pemilihan umum (pemilu) ke-15 pada Sabtu (19/11/2022). Warga Malaysia berbondong-bondong mudik untuk mencoblos di kampung halaman.


Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengumumkan Jumat dan Sabtu (18-19/11/2022) sebagai hari libur nasional untuk memberikan kesempatan kepada warga mempersiapkan diri.


Kemacetan panjang terjadi sejak Kamis (17/11/2022) di beberapa akses jalan menuju luar kota, sebagaimana dikutip iNews.id.


Otoritas Jalan Raya Malaysia, dalam pernyataan di Facebook, mengungkap arus lalu lintas menuju timur dan setelah Gerbang Tol Gombak di sepanjang Jalan Tol Karak sudah merayap sejak pukul 15.37 waktu setempat. Selain itu arus lalu lintas ke utara di sepanjang Jalan Tol North-South (NSE) juga merayap sejak pukul 16.32.


Operator Jalan Tol Kuala Lumpur-Karak (KLK) dan Jalan Tol East Coast Fase 1 (LPT1) Anih Berhad terpaksa mengeluarkan rekomendasi waktu perjalanan bagi pengguna jalan yang hendak melintasi pantai timur dari 18 hingga 20 November. Keputusan ini diambil untuk menghindari kepadatan.


Pemilu digelar saat beberapa wilayah Malaysia dilanda banjir. Ismail Sabri pada bulan lalu membubarkan parlemen sebagai pertanda akan digelarnya pemilu ke-15. Pelaksanaan pesta demokrasi Malaysia dipercepat setahun menyusul konflik di internal koalisi pemerintahan.


Beberapa politisi senior Malaysia kembali bertarung memperebutkan kursi parlemen Majelis Rakyat, seperti Anwar Ibrahim (koalisi Pakatan Harapan), Ismail Sabri (Barisan Nasional), Muhyiddin Yassin (Perikatan Nasional), Mahathir Mohamad (Gabungan Tanah Air), bahkan Najib Razak yang kini mendekam di penjara, dicalonkan oleh UMNO. (*)



ADSEN KIRI KANAN