Notification

×

Adsense atas

Adsen

Lagi, 6 Aplikasi Inovasi Pemko Payakumbuh Di Lounchingkan

Rabu, 09 November 2022 | 04:30 WIB Last Updated 2022-11-08T21:30:41Z

Payakumbuh, fajarharapan.id - Penjabat (Pj)  Wali Kota Payakumbuh Drs. H. Rida Ananda, M.Si lakukan launching enam inovasi aksi perubahan peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan IV Tahun 2022, di Aula Ngalau Indah Balai Kota Payakumbuh, Senin (07/11).

Pj. Wako Rida Ananda, menyambut positif pelaksanaan launching aplikasi aksi perubahan PKA sebagai langkah yang tepat untuk menjawab tantangan dunia yang cepat berubah, semakin kompleks dan sulit diprediksi.

“Kita sangat mengapresiasi sekali, karena untuk menghadapi perubahan itu harus dengan terobosan baru, dengan kecepatan, kreativitas dan inovasi," kata Pj. Wako Rida Ananda kepada media.

Rida menyebut, enam aplikasi yang dilaunching merupakan wujud inovasi yang dibangun oleh ke enam pejabat Administrator yang berasal dari enam OPD di Pemko Payakumbuh, dengan harapan mampu merubah konsep dan cara kerja perangkat daerah dari cara kerja konvensional ke cara kerja yang lebih efektif dan efisien.

“Ke enam plafon aplikasi ini, saya yakin merupakan wujud dari semangat perubahan para peserta pelatihan kepemimpinan untuk mendukung tugas dan fungsi perangkat daerah masing-masing, tidak hanya sebagai pemenuhan persyaratan kegiatan pelatihan kepemimpinan, namun kedepannya aplikasi ini juga dapat dikembangkan bahkan dapat diadopsi oleh perangkat daerah lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Payakumbuh Erwan mengatakan, PKA ini merupakan upaya dalam membangun dinamika managerial kepemimpinan melalui pengembangan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

"Arahnya jelas, yakni membangun mindset perubahan yang dilandasi wawasan kebangsaan dan integritas. Keberhasilan pelatihan ini tergantung pada kemampuan peserta dalam mengembangkan potensi diri, disiplin dan sikap mental," jelasnya.

"Kita berharap kedepan para peserta ini mampu secara taktikal sebagai penggerak dalam pelaksanaan program secara profesional dalam pelayanan publik sesuai tuntutan reformasi birokrasi saat ini," tukuknya.

Adapun enam aplikasi yang dilaunching dan disaksikan oleh seluruh OPD dan lurah se Kota Payakumbuh itu adalah sebagai berikut:

Bode Arman Inspektur Pembantu pada Inspektorat Kota Payakumbuh menghadir aplikasi Siapda yang dinanfaatkan untuk Optimalisasi audit, reviu dan evaluasi melalui Sistem Informasi Aparat Pengawas Internal Pemerintah Daerah. 

Wawan Sofianto Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dengan aplikasi Rapor-Kinerja diharapkan efisiensi penggunaan dan pemanfaatan pelaporan penyelenggaraan pemerintah daerah melalui Rumah Data Pelaporan Kinerja di Sekretariat Daerah Payakumbuh bisa lebih optimal lagi.

Resti Desmila Kabid Perbendaharaan BKD Payakumbuh melauncing aplikasi Mande Setia untuk Optimalisasi penerimaan DBH Pajak melalui digitalisasi pelaporan di Kota Payakumbuh.

Yasril Kabag PBJ Dalbang Setdako Payakumbuh dengan inovasi Implementasi sistem informasi keciptakaryaan melaunching aplikasi Sicika.

Nalfira Kabag Protokol Setdako Payakumbuh, dengan aplikasi Sipadan (Sistem Informasi Protokoler, Agenda, Dokumentasi dan Pemberitaan) diharapkan efektivitas media informasi kepala daerah di Setdako Payakumbuh lebih maksimal lagi.

Armein Busra Sekretaris Diskominfo Payakumbuh menghadirkan aplikasi e-Aku KePo guna mengoptimalisasi akuntabilitas kinerja pengelola barang di lingkungan pemko payakumbuh. (Humas/Zik)

ADSEN KIRI KANAN