Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kasal: Diplomasi Angkatan Laut Dalam WPNS Untuk Mewujudkan Stabilitas Keamanan Maritim di Kawasan

Selasa, 08 November 2022 | 09:10 WIB Last Updated 2022-11-08T02:10:23Z

.


Jakarta, fajarharapan.id — Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menghadiri simposium Angkatan Laut berskala internasional yaitu Western Pacific Naval Symposium (WPNS) 2022, di Yokohama, Jepang.

 

WPNS adalah forum komunikasi para Kepala Staf Angkatan Laut negara-negara di Pasifik Barat, yang terdiri dari 27 negara anggota, dengan melaksanakan workshop dan simposium yang  dilaksanakan setiap tahun sejak 1988 lalu.


Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan degan meningkatkan kemampuan dalam pelaksanaan operasi Angkatan Laut sehari-hari yang dilaksanakan oleh negara anggota WPNS, yang bertujuan membangun saling percaya antara Angkatan Laut melalui kerangka kerja sama, serta diskusi tentang isu-isu maritim yang menyangkut kepentingan bersama, pertukaran informasi, pelatihan dan pertukaran personel.


WPNS tahun 2022 mengusung tema “Free Open and Open Seas : Cooperative Efforts for Next Generation”, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan, “Indonesia dalam hal ini TNI Angkatan Laut harus dapat menunjukan peran aktif dalam melaksanakan diplomasi militer dalam mewujudkan stabilitas keamanan maritim di kawasan, sekaligus mendukung kebijakan pembangunan maritim nasional.”


TNI AL terus melaksanakan strategi diplomasi maritim guna mewujudkan pertahanan maritim melalui forum kerja sama dan kemitraaan antar Angkatan Laut di wilayah regional Pasifik Barat. Di hari sebelumnya juga telah dilaksanakan International Fleet Review (IFR) dengan menghadirkan KRI Diponegoro-365 yang juga dibuka oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. (Dispenal)





ADSEN KIRI KANAN