Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kapuas Hulu Tanggap Darurat Banjir, 2.230 Rumah Warga di 37 Desa Terendam

Senin, 14 November 2022 | 12:26 WIB Last Updated 2022-11-14T05:26:00Z

 

Pemkab Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menetapkan status tanggap darurat banjir.



KAPUAS HULU - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat kembali menetapkan status Tanggap Darurat Banjir. Hal itu terjadi setelah 37 desa di 9 kecamatan terendam banjir. 


"Kami sudah menyurati pihak kecamatan untuk menyiapkan posko pengungsian untuk situasi darurat," kata Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan, Senin (14/11/2022).


Gunawan menjelaskan, data BPBD mencatat ada 2.230 rumah yang terendam banjir. Kondisi itu berdampak pada 25.224 jiwa. Banjir yang melanda Kapuas Hulu menurutnya sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Kondisi itu dipicu meluapnya Sungai Kapuas akibat curah hujan tinggi di sekitarnya,sebagaimana dikutip iNews.id.


"Banjir rata-rata merendam daerah pesisir Sungai Kapuas," ucapnya. Menurutnya banjir di Putussibau dan sekitarnya sudah berangsur surut pag ini. 


Namun daerah pesisir masih teredam banjir BPBD telah mengaktifkan Posko Batingsor yang terdiri atas BPBD, TNI, Polri, Tagana TRC Pramuka. bantuan logistik berupa sembako secepatnya disalurkan kepada korban banjir. 


"Saat ini kami masih menunggu proses usulan bantuan ke Dinas Sosial," tutur Gunawan.(*)



ADSEN KIRI KANAN