Notification

×

Adsense atas

Adsen

Jadi Perwakilan Sergai di Ajang TP-PKK Provinsi, Desa Tanjung Putus Jalani Tahap Evaluasi

Kamis, 03 November 2022 | 15:25 WIB Last Updated 2022-11-03T08:25:00Z

 

Meninjau.

Sei Rampah - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri kegiatan Evaluasi Desa Pelaksana Hatinya Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Provonsi Sumatra Utara (Sumut) tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun II, Desa Tanjung Putus, Kecamatan Pegajahan, Rabu (2/11/2022).



Dalam sambutannya, Bupati Sergai mengucapkan selamat datang kepada Tim Supervisi Desa Pelaksana Tertib Administrasi PKK, PAAR, UP2K PKK, Hatinya PKK dan IVA Test, tingkat Provinsi Sumut.



Darma Wijaya kemudian menyampaikan, PKK merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang dibentuk guna mendukung  pembangunan, khususnya dalam hal meningkatkan kesejahteraan keluarga menuju keluarga yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.



Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, ia mengatakan selaku Ketua Pembina TP-PKK Kabupaten Sergai, dirinya melihat berbagai upaya telah dilakukan oleh Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya beserta seluruh kader dalam penerapan 10 program PKK.



"Kami yakin dan percaya bahwa upaya-upaya yang dilakukan TP-PKK Sergai akan dapat mewujudkan tujuan yang mulia. Jika keluarga-keluarga di Sergai "mandiri, sejahtera dan religius”, maka kabupaten Sergai akan Maju Terus," ucapnya. 



Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini melanjutkan, perlu disampaikan bahwa pemerintah daerah khususnya seluruh perangkat daerah sangat mendukung penuh pelaksanaan 10 program pokok PKK ini.



Ia menerangkan, bentuk dukungan tersebut berupa pendampingan, pelatihan, pembinaan serta fasilitasi kegiatan–kegiatan yang anggarannya ditampung di perangkat daerah terkait.



Menurutnya, dukungan tersebut merupakan bentuk sinergitas antara PKK dengan pemerintah daerah dalam pencapaian visi Kabupaten Sergai.



Selain itu, dirinya juga menyebut pandemi Covid-19 yang masih melanda saat ini tidak menyurutkan semangat seluruh kader PKK untuk bersinergi serta tetap bersemangat melaksanakan 10 program pokok PKK dengan sungguh-sungguh.



"Kami berharap kepada tim dari provinsi, di samping melakukan supervisi juga dapat memberikan arahan dan bimbingan agar pembinaan keluarga di Sergai menjadi lebih baik pada masa yang akan datang. Melalui kegiatan ini kami juga berharap kita tetap bersemangat untuk maju terus menginspirasi keluarga-keluarga melakukan perubahan dan pembaharuan," tandasnya.



Pada kesempatan serupa, Ketua TP-PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya menyampaikan pihaknya memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak.



Rosmaida melanjutkan, PKK juga memiliki peran yang penting dalam membantu pemerintah desa dan kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, harmonis dan religius serta mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.



Sedangkan Hatinya PKK, jelasnya, merupakan suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman di sekitar. Dengan memanfaatkan pekarangan/halaman rumah dengan tanaman produktif atau tanaman hias, ia berharap dapat memberikan nilai untuk keindahan dan kenyamanan rumah serta jika ada produk lebih akan bisa bernilai ekonomis dan meningkatkan ekonomi keluarga.



Dijelaskan oleh Ketua TP-PKK, Desa Tanjung Putus telah menggerakkan masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah, untuk menanam sayur-mayur dan tumbuhan lainnya.



Selanjutnya Ketua TP-PKK berharap berbagai program kerja dan aktivitas TP-PKK desa ini yang positif, dapat turut ditularkan di desa lainnya di Kabupaten Sergai sehingga dapat mendukung visi kabupaten yaitu menjadikan Sergai yang "Mandiri, Sejahtera, dan Religius".



"Kami berharap kepada tim evaluasi agar dapat memberikan penilaian terbaik kepada Kabupaten Sergai dan besar  harapan kami agar menjadi pemenang di lomba Desa Pelaksana Hatinya PKK tingkat Provinsi Sumut tahun 2022," pungkasnya.



Sebelumnya Ketua Bidang Pokja III TP-PKK Provinsi Sumut Ny. Nur Asnida Arsyad, menyampaikan kegiatan ini merupakan keistimewaan dan kebanggan karena Desa Tanjung Putus sudah masuk ke masa evaluasi untuk menentukan 8 besar.



Ia menjelaskan, secara umum kegiatan evaluasi meliputi bidang kelembagaan, administrasi, dan bidang kelompok kerja pengelola 10 program PKK di berbagai jenis.



Pada tahap evaluasi tahun ini hanya menentukan peringkat juara 1-3 , harapan 1-3, dan juara 1-3 untuk masing masing lomba.



"Jangan jadikan kejuaraan ini sebagai akhir segalanya, Pengalaman yang diperoleh harus menjadi cambuk untuk tetap berbuat dan bergerak demi jayanya PKK terutama menjadi kader yang cerdik dan gemilang," ujarnya.



Kepala Desa Tanjung Putus, Deritawati, menjelaskan desa yang ia pimpin adalah wilayah perkebunan yang terdiri dari 2 dusun



Ia mengaku merasa bangga dan mengucapkan terima kasih karena terpilih menjadi perwakilan Sergai.



"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak perkebunan yang telah membantu memfasilitasi program PKK. Kami berharap, evaluasi nanti menghasilkan yang terbaik," katanya.



Hadir pada kegiatan ini di antaranya Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat Pegajahan, Muspika Pegajahan, kades dan lurah se-Pegajahan, dan mewakili pihak PTPN IV Kebun Adolina. (Sembiring)


ADSEN KIRI KANAN