Notification

×

Adsense atas

Adsen

Ini Komitmen TNI AL di Dalam Hubungan Internasional

Rabu, 09 November 2022 | 12:30 WIB Last Updated 2022-11-09T05:30:15Z

.


Jakarta, fajarharapan.id - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan komitmen TNI Angkatan Laut (TNI AL) untuk siap bekerjasama dalam menjaga kemanan dan stabilitas kawasan Indo-Pasifik. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Western Pacific Naval Symposium (WPNS), di Yokohama Jepang, pada 7 hingga 8 November 2022.


WPNS yang terdiri dari 27 negara anggota dengan pertemuan yang diselenggarakan setiap tahun ini Kasal Laksamana Yudo mengajak pemimpin Angkatan Laut kawasan Pasifik Barat, untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama dan membangun semangat dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan.  


Pada pelaksanaan WPNS tersebut, Laksamana TNI Yudo Margono berkesempatan menggelar pertemuan bilateral dengan pimpinan Angkatan Laut sejumlah negara diantaranya Chief of Republic of Fiji Navy, CDRE Humphrey B.Tawake, Chief of Naval Staff Indian Navy, Admiral R. Hari Kumar, serta Chief of Staff JMSDF Admiral Sakai Ryo.

"Indonesia dalam hal ini TNI AL, selalu siap bekerjasama dalam menjaga keamanan dan stabilitas  kawasan Indo - Pasifik, baik dibidang operasi, latihan, hingga bidang pendidikan", ungkap Kasal dihadapan para pimpinan AL negara-negara tersebut.


WPNS 2022 ini yang diselenggarakan di Jepang, mengusung tema “Free Open and Open Seas : Cooperative Efforts for Next Generation”. Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan bahwa, Indonesia dalam hal ini TNI AL harus dapat menunjukan peran aktif melaksanakan diplomasi Angkatan Laut, dalam mewujudkan stabilitas keamanan maritim di kawasan, sekaligus mendukung kebijakan pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. (Dispenal)




ADSEN KIRI KANAN