Notification

×

Adsense atas

Adsen

Heroik, Prajurit TNI AL Selamatkan Personel JMSDF

Minggu, 06 November 2022 | 21:27 WIB Last Updated 2022-11-06T14:27:44Z

.


Jakarta, fajarharapan.id - Ada cerita menarik saat KRI Diponegoro-365 berkontribusi dalam parade internasional Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF), di Jepang baru-baru ini. Prajurit TNI AL berhasil menyelamatkan nyawa Anggota dari JMSDF yang nyaris tenggelam. 

Aksi heroik tersebut, jadi perhatian negera-negara peserta di ajang internasional yang digelar oleh Jepang, hingga Komandan Mine Division 1 Nakai Eiichi datang langsung ke KRI Diponegoro untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komandan KRI Diponegoro-365 Letkol Laut (P) Kurniawan Koes. 


Peristiwa itu berawal saat seorang personel JMSDF mendekati dermaga di tempat KRI sedang bersandar dengan membawa semacam brosur untuk ditawarkan kepada Prajurit TNI AL yang sedang berada di belakang kapal. 

Saat tiba diunjung dermaga dengan tidak memperhatikan situasi medan di lokasi tersebut, personel JMSDF itu terpeleset jatuh ke laut. Sontak saja penyelam TNI AL Kopda ETA Koko Endrawan yang ada di lokasi langsung terjun untuk menyelamatkannya, karena setelah personel TNI AL melemparkan riding bouy, orang yang terjatuh tersebut terlihat tidak mampu berenang dan kedinginan. 


.


Setelah berhasil diselamatkan ke atas kapal, dokter dan bintara Kesehatan TNI AL memberikan pemeriksaan kesehatan dan perawatan pada korban akibat luka terkena tiram dermaga yang tajam. 

"Kami sangat berterimakasih atas aksi heroik personel TNI AL yang telah menyelamatkan nyawa anggota JMSDF di dermaga tadi malam," ungkap Nakai Eiichi Komandan Mine Division 1 pada Komandan KRI Diponegoro. 


Mengutip pernyataan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bahwa jika memang mendapati situasi yang harus dilakukan pertolongan yaitu untuk kemanusiaan, jangan menunggu perintah. 


International Fleet Review 2022 (IFR 2022) dalam memperingati HUT ke-70 Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF) adalah IFR pertama yang diikuti TNI AL setelah masa pandemik Covid-19. TNI AL mengerahkan KRI Diponegoro-365 untuk mengikuti parade internasional tersebut,  berkontribusi dalam peningkatan peran diplomasi TNI AL. (Dispenal)




ADSEN KIRI KANAN