Notification

×

Adsense atas

Adsen

Gerah Dengan Status Zona Merah, Pokja Kelurahan Bersinar Gelar Patroli Gabungan

Minggu, 27 November 2022 | 11:01 WIB Last Updated 2022-11-27T04:01:03Z


Payakumbuh, fajarharapan.id - Kelurahan Tiakar saat ini tidak sedang dalam kondisi baik-baik saja untuk masalah narkoba. Buntut dari pengungkapan kasus peredaran narkoba beberapa waktu lalu oleh Polres Payakumbuh membuat gerah Tokoh Masyarakat dengan menggelar aksi Patroli Gabungan di kawasan GOR M. Yamin dan kawasan lainnya di Kelurahan Tiakar, Sabtu malam (26/11/22).

Patroli Gabungan itu terdiri dari BNNK Payakumbuh, Satpol-PP, KAN, LPM, RT/RW, Karang Taruna, Dubalang Nagari serta Pokja Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar).

Kepala BNNK Payakumbuh Febrian Jufril yang ikut terjun langsung dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa saat ini pihaknya intens membina kelurahan-kelurahan yang masuk dalam program Kelurahan Bersinar termasuk salahsatunya adalah Kelurahan Tiakar.

Dirinya juga mengapresiasi semangat yang dibangun oleh Pemerintah Kelurahan Tiakar, dalam hal ini Lurah dan jajarannya untuk memberdayakan seluruh elemen masyarakat, bergerak bersama untuk menyatakan perang terhadap narkoba.

"Kita sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh Lurah Tiakar dalam menggerakkan seluruh potensi di Tiakar hingga terwujudnya kegiatan Patroli Gabungan malam ini," ujar Febrian Jufril.

Lebih lanjut Febrian menyampaikan bawa saat ini Tiakar telah memiliki Pokja Kelurahan Bersinar. Pokja merupakan mitra BNNK Payakumbuh dalam kegiatan P4GN. Melalui Pokja ini diharapkan lahir inovasi-inovasi di Tiakar terkait pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Ketua Pokja Kelurahan Bersinar Tiakar M.F Dt. Gindo Malano Nan Putiah saat dikonfirmasi awak media di lapangan mengatakan bahwa dirinya bersama anggota Pokja saat ini sedang intens membangun kemitraan dengan seluruh tokoh-tokoh masyarakat dan seluruh kelembagaan yang ada di Tiakar.

"Kita menyadari bahwa disini kita tidak bisa bekerja sendiri. Seluruh elemen masyarakat harus terlibat aktif untuk pemberantasan narkoba di Tiakar. Alhamdulillah malam ini kita secara bersama-sama bisa mengadakan Patroli," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LPM Tiakar Sepriyendi yang juga merupakan anggota Pokja mengatakan bahwa dirinya mendukung penuh kegiatan-kegiatan Patroli ini. Melalui kegiatan ini kita dapat menyampaikan pesan-pesan moral kepada masyarakat tentang bahaya narkoba itu sendiri.

"Selaku ketua LPM Kita akan mendorong agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin. Ini adalah wujud kebersamaan dan kepedulian kita selaku tokoh-tokoh masyarakat untuk menyelamatkan generasi muda dari ancaman narkoba," ujar Sepriyendi yang saat ini sedang mengikuti Lomba LPM terbaik tingkat Kota Payakumbuh.

Menanggapi kegiatan Patroli Gabungan, Lurah Tiakar Ari Ashadi mengucapkan terima kasih kepada segala pihak yang ikut terlibat dalam Patroli ini. Menurutnya Patroli ini merupakan salah satu bentuk show of force atau unjuk kekuatan kepada pengedar dan pemakai narkoba di Tiakar, bahwa Tiakar saat ini sudah punya banyak mata dan telinga dan akan menindakkanjuti setiap informasi yang ada berkaitan dengan Penyalahgunaan Narkoba.

Selain iitu, saat ini Tiakar ingin memperlihatkan juga kesungguhan dalam pernyataan perang melawan Narkoba melalui pendekatan partisipasi masyarakat. Peran aktif tokoh dan kelembagaan yang ada diharapkan mampu mepersempit ruang gerak dari bandar-bandar dan pemakai narkoba.

"Kita sedang membangun sinergisitas di Tiakar untuk bersama-sama memberantas narkoba. Mohon dukungan dan doa agar program ini bisa berhasil," tukuk Ari yang pernah mendapatkan penghargaan dari BNN Provinsi Sumatera Barat sebagai Lurah tergiat dalam pelaksanaan kegiatan P4GN di Sumatera Barat.

Kegiatan Patroli Gabungan berlangsung kurang lebih selama 90 menit dan berakhir pada pukul 23.45 WIB. Selama pelaksanaan, kegiatan berjalan dengan lancar, aman dan terkendali. (Humas/Zik)

ADSEN KIRI KANAN