Notification

×

Adsense atas

Adsen

Erdogan Ancam Serang Suriah dari Darat, Kerahkan Tank

Rabu, 23 November 2022 | 19:06 WIB Last Updated 2022-11-23T12:06:15Z

 

 

Recep Tayyip Erdogan ancam akan menyerang posisi pemberontak Kurdi di Suriah dari darat 



ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengancam akan mengerahkan tank untuk menyerang Suriah dari darat terkait kelompok pemberontak Kurdi di perbatasan. Dia menegaskan serangan drone terhadap milisi Kurdi di utara Suriah hanya permulaan.


Turki bertekad untuk mengamankan perbatasan dengan membentuk koridor keamanan, sambil tetap memastikan integritas teritorial Suriah dan Irak. Seperti diketahui Turki juga menggelar operasi militer melawan militan Kurdi di Irak, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Kami meneruskan operasi udara dan akan menyerang teroris dari darat pada waktu terbaik menurut kami," kata Erdogan, dalam pidato kepada anggota parlemen partai berkuasa, AK, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (23/11/2022).


Lebih lanjut Erdogan menjelaskan koridor keamanan yang dibentuk berada di beberapa wilayah seperti Tel Rifat, Manbij, dan Ain Al Arab (Kobani).


Turki sebelumnya melancarkan operasi militer besar-besaran di Suriah melawan milisi YPG Kurdi, sayap Partai Pekerja Kurdistan (PKK). Kelompok ini dimasukkan dalam daftar teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa.


Serangan terbaru terjadi pada akhir pekan lalu yang disebut sebagai pembalasan atas serangan bom di Istanbul sepekan sebelumnya yang menewaskan enam orang.


Tidak ada pihak yang bertanggung jawab atas serangan itu, namun Turki mengaku punya bukti keterlibatan YPG dan PKK.(*)


ADSEN KIRI KANAN