Notification

×

Adsense atas

Adsen

Di Balik Sukses KTT G20, Ada Kisah Pertemanan 43 Tahun Retno Marsudi dan Sri Mulyani

Minggu, 20 November 2022 | 10:05 WIB Last Updated 2022-11-20T03:05:00Z

 

Retno Marsudi cerita pertemanan 43 tahun dengan Sri Mulyani


JAKARTA - Indonesia baru saja sukses menggelar KTT G20. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi merupakan salah satu sosok penting di balik suksesnya acara tersebut.


Retno mengaku dibantu oleh teman lamanya yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani agar KTT berjalan sukses, sebagaimana dikutip iNews.id.


“G20 itu kan ada finance track, jadi trek keuangan, ada trek sherpa yang lebih banyak kepada ekonomi secara keseluruhan dan pembangunan, dan kita itu menjadi pengampu dari masing-masing trek itu. Ibu Menkeu tentunya di trek keuangan," kata Retno seperti dikutip dari situs setkab.go.id, Minggu (20/10/2022).


Retno menceritakan kerja sama dengan Sri Mulyani berjalan lancar karena salah satu telah berteman sejak 43 tahun lalu.


“Tapi, karena kita berteman lama, jadi komunikasinya lebih lebih enak,” ujar Menlu.


Dia mengisahkan pertemanannya dengan Sri Mulyani dimulai saat mereka sama-sama menuntut ilmu di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Semarang. Saat lulus dari sana, Sri Mulyani menimba ilmu di Universitas Indonesia, sedangkan Retno memilih Universitas Gadjah Mada.


“Kita udah berteman, berapa ya. Kalau sekarang 2022, kita berteman dari 1979,” ujarnya.


Sebelum sama-sama membantu Presiden Jokowi di jajaran kabinet pemerintahan, keduanya juga kerap bertemu. Retno pun membagikan momen saat Sri Mulyani, yang waktu itu masih bertugas di Bank Dunia, mengajaknya untuk makan bersama.


“Dia datang ke Belanda, saya dubes di Belanda. Jadi tiba-tiba saya dapat WA dari dia. Dia bilang, ‘Ret, makan yuk’ Terus, aku datang ke hotelnya dia. Terus, kita jalan dari hotelnya dia, kita cari makan berdua,” tutur Menlu.(*)


ADSEN KIRI KANAN