Notification

×

Adsense atas

Adsen

Banjir Bandang 1 Meter Terjang Permukiman di Banyuwangi, 9 Rumah Hanyut

Jumat, 04 November 2022 | 07:11 WIB Last Updated 2022-11-04T00:11:52Z

 

Tangkapan layar saat banjir bandang setinggi kurang lebih satu meter menerjang Desa Kalibaru, Kamis (3/11/2022) malam.



BANYUWANGI - Banjir bandang menerjang Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Kamis (3/11/2022) malam. Berdasarkan video amatir warga, air setinggi 1 meter mengalir deras dari sungai menuju permukiman padat penduduk,  membawa material kayu, sampah serta barang-barang di sekitarnya. 


Akibatnya, sembilan rumah warga hanyut dan puluhan lainnya rusak. Sementara sejumlah warga berlari menyelamatkan diri dari kepungan air, sebagaimana dikutip iNews.id.


Mereka pun pasrah melihat harta bendanya hanyut terbawa air karena tidak bisa berbuat apa-apa. "Masyaallah, banjir besar. Ini baru pertama kali di Kalibaru," teriak salah seorang warga.


Sementara itu, beberapa warga lainnya terlihat panik. Mereka berusaha keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan membawa barang berharga dari rumah sebisanya. "Jebol lur. Semuanya hanyut," katanya.  


Belum ada laporan korban dalam peristiwa ini. Hingga dini hari tadi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi dan relawan masih melakukan pendataan serta mengevakuasi beberapa warga ke tempat yang lebih aman. 


Berdasarkan dari data sementara Pusdalops BPBD Banyuwangi, sebanyak sembilan rumah di wilayah RW 7 RT 6 Desa Kalibaru Wetan hanyut terbawa derasnya banjir. Banjir bandang juga mengganggu jalur lalu lintas nasional Banyuwangi-Jember.  (*).



ADSEN KIRI KANAN