Notification

×

Adsense atas

Adsen

Usai Vaksin, Hewan Ternak di Pati Gunakan Anting QR Code

Jumat, 21 Oktober 2022 | 16:57 WIB Last Updated 2022-10-21T09:57:09Z

.


Pati, fajarharapan.id - Bertempat di kandang ternak CV Barokah Jaya Desa Klecoregonang Kecamatan Winong, Kamis (20/10), Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro memantau langsung kegiatan penandaan dan pendataan hewan ternak menggunakan eartag (anting) Secure QR Code berbasis aplikasi Identik PKH, oleh Dispertan Pati.


Acara ini didahului dengan pemberian vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Pemberian vaksin ini terus dilakukan agar tercipta kekebalan tubuh pada hewan ternak sehingga tidak terkena virus PMK lagi.


Penandaan ternak yang telah divaksin PMK ini merupakan program dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian.

Penandaan dan pendataan pada ternak pascavaksinasi PMK ini, menurut Pj Bupati, dilaksanakan dengan memakai Eartag Secure QR Code yang terhubung dengan aplikasi "Identik PKH”, yang tersedia di Google PlayStore.


Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro bersama Kepala Dinas Pertanian Nikentri Meiningrum pun melihat langsung proses vaksinasi PMK dan pendataan ternak di Klecoregonang.

"Harapannya akan muncul kekebalan di tubuh ternak sehingga tidak terjangkit PMK. Mudah-mudahan ternak di Pati semua sehat," harap Henggar. 


Pj Bupati kemudian menyebut, dari 100 ribu lebih populasi ternak di Pati, hanya sekitar 3 ribu ternak yang terkena PMK. Itu pun sudah 90 persen sembuh.

" Sebenarnya hewan ternak di Pati, telah ditandai menggunakan Eartag QR Code secara bertahap. Itu sudah dilakukan sejak beberapa pekan lalu. Yang sudah ditandai sekitar 750 ternak," pungkas Henggar. (fn1/FN/MK)




ADSEN KIRI KANAN