Notification

×

Adsense atas

Adsen

Tiga Kelurahan Cantik Dicanangkan Wako Padang

Senin, 03 Oktober 2022 | 08:27 WIB Last Updated 2022-10-16T01:37:15Z

.


Padang - Wali Kota Padang Hendri Septa menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang yang bekerjasama dengan Pemko Padang melahirkan inovasi Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) di Kota Padang.


Seperti diketahui, pada program tersebut telah ditetapkan tiga kelurahan cinta statistik tahun ini di Kota Padang. Diantaranya Kelurahan Andalas, Kelurahan Ulak Karang Selatan dan Kelurahan Lolong Belanti.


Ketiganya akan mendapatkan pembinaan langsung dari BPS dalam menstandarisasikan semua data-data yang nantinya diinput oleh seluruh kelurahan se-Kota Padang. 


"Kita tentu berharap standarisasi seluruh data ini berlaku di seluruh kelurahan yang mana untuk tahun ini bakal dimulai di tiga kelurahan. Semoga ketiga kelurahan tersebut menjadi pemicu kelurahan lainnya secara berkesinambungan bisa menerapkan hal Kelurahan Cantik tersebut," harap Wali Kota dalam sambutannya saat mencanangkan tiga Kelurahan Cantik di Kota Padang di Aula Kantor Kecamatan Padang Utara, Senin (3/10/2022) pagi. 


Hadir di kesempatan itu Kabid Statistik Sektoral Diskominfotik Oni Fajar Syahdi, Kepala BPS Kota Padang Alfianto beserta jajaran, para Asisten dan kepala OPD terkait di lingkup Pemko Padang.

 

Juga terlihat Anggota DPRD Kota Padang Faisal Nasir serta Camat Padang Utara Pagara Anas bersama seluruh Lurah se-Kecamatan Padang Utara.

Menurut Wako Hendri, standarisasi data sangat perlu dilakukan agar masyarakat sama-sama dikelola datanya. Sehingga dengan itu tidak ada ketimpangan satu sama lainnya dalam menginput data-datanya.


"Fokus pembinaan kelurahan cinta statistik ini sejatinya ditujukan untuk meningkatkan literasi perangkat kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Sebagaimana kriteria yang ditetapkan BPS dalam memilih kelurahan cinta statistik adalah kategori indeks pembangunan serta karakteristik kelurahan seperti mempunyai sinyal dan jaringan internet yang kuat," pungkas Wali Kota.


.


Pada saat yang sama Kepala BPS Kota Padang Alfianto menjelaskan, Kelurahan Cantik merupakan program percepatan implementasi pembinaan statistik sektoral oleh BPS yang berfokus pada kelurahan melalui standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan data. 


"Selain itu, program ini juga untuk optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik dalam pembangunan di kelurahan serta peningkatan kesadaran peran aktif perangkat kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik," jelasnya.


Adapun tujuan umum dari kegiatan ini Alfianto menambahkan, yaitu untuk menyatukan langkah berkolaborasi mewujudkan Kelurahan Cinta Statistik yang menjadi program nasional melalui penyediaan data-data yang diperlukan di tingkat kelurahan.


"Jadi tujuan khusus kegiatan ini yaitu mewujudkan Satu Data Kota Padang dan menyediakan data statistik yang lebih lengkap dan akurat. Begitu juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya statistik untuk perencanaan dan pengambilan keputusan," paparnya.


Lebih lanjut dijelaskannya lagi, setelah pencanangan kali ini, pihaknya akan terus melanjutkan pembinaan statistik hingga tujuan yang telah ditetapkan tercapai. (*)


ADSEN KIRI KANAN