Notification

×

Adsense atas

Adsen

Tebing 15 Meter di Lumajang Longsor, 1 Rumah Warga Hancur Tertimbun

Selasa, 18 Oktober 2022 | 18:56 WIB Last Updated 2022-10-18T11:56:00Z

 

Penampakan tebing yang longsor dan menimpa rumah di bawahnya, Selasa (18/10/2022).



LUMAJANG - Tebing setinggi 15 meter di Dusun Pasirejo, Desa Purorejo, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, longsor, menimpa rumah warga, Selasa (18/10/2022). Beruntung dua orang penghuni rumah selamat, kendati seluruh bangunan rumah hancur tertimbun material longsor.  


Rumah yang hilang tertimbun longsor yakni Tris 62 tahun. Sementara satu rumah yang berada di atas tebing milik Ponidi (40) nyaris ambruk lantaran pondasi terkikis longsor,sebagaimana dikutip iNews.id.


Untuk menghindari bahaya, seluruh penghuni rumah terpaksa mengungsi ke rumah tetangga. Sebab, kondisi tanah bukit masih labil, sehingga masih rawan terjadi longsor susulan.  "Kejadiannya tadi siang. Kami semua ada tiga orang di rumah, tiduran. Awalnya, teras lalu dapur, longsor kena rumah di bawah. Tahu itu, kami langsung lari" kata pemilik rumah Ponidi. 


Pengakuan sama juga disampaikan Tris, korban yang rumahnya hilang tertimbun. Dia mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 11.00 WIB saat hujan deras.


Saat itu tiba-tiba dia mendengar suara gemeratak dari tebing di atas rumahnya. "Waktu sedang masak, dengar keretek, tapi nggak mengira ada longsor. Tapi, lama-lama tambah keras. Akhirnya lari. Setelah itu langsung breg, ambruk," tuturnya. 


Tris mengatakan, sedandainya dia tidak lari keluar, mungkin sudah tertimbun longsor. Karena itu dia bersyukur masih selamat, kendati rumahnya hancur dan rata dengan tanah.  Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, langsung mendatangi lokasi bencana. Bersama petugas TNI dan Polri mereka melakukan pendataan dan memastikan korban dalam kondisi selamat dan tertangani dengan baik.  Sementara itu, sedikitnya masih ada tiga rumah yang berada di bawah tebing yang rawan longsor. Karena itu warga diimbau untuk waspada dan segera mengungsi saat hujan terjadi.(*)





ADSEN KIRI KANAN